Wapres pelajari penerimaan PNS ala Singapura

Aprilian Hermawan | 09 Desember 2010 04:34 WIB

JAKARTA: Pemerintah Indonesia ingin mempelajari proses penerimaan PNS ala Singapura dalam menghasilkan pegawai-pegawai terbaik.

Wapres Boediono menanyakan hal itu kepada Deputi Perdana Menteri Singapura Teo Chee Hean dalam pertemuan terbatas hari ini.

Singapura dinilai berhasil dalam merekrut pegawai negeri sipil dengan kualitas bak sehingga mampu membentuk pemerintahan secara efektif. Pembenahan proses penerimaan pegawai tersebut merupakan bagian dari reformasi birokrasi yang sedang dipimpin oleh Beodiono.

Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat mengatakan di Singapura ada proses penukaran orang-orang terbaik di perusahaan swasta yang ditempatkan di pemerintahan. Begitu juga sebaliknya, orang-orang terbaik di pemerintahan bisa ditempatkan di perusahaan swasta.

Pak Wapres secara spesifik menanyakan bagaimana mekanisme yang paling baik untuk merekrut orang-orang terbaik supaya mau masuk ke pemerintahan, ujar Yopie.

Menurut Yopie, Boediono meyakini bahwa suatu saat nanti pemerintah dan perusahaan swasta harus bersaing merekrut warga-warga terbaik untuk bekerja. Jika persaingan ini terjadi, maka pemerintahan agar berjalan efektif karena diisi oleh orang berprestasi sama dengan di perusahaan swasta.

Dalam pertemuan itu, Boedino dan Teo Chee Hean juga membicarakan mengenai peran kedua negara dalam perkembangan kawasan regional di Asean. Singapura mengharapkan Indonesia yang akan menjadi Ketua Asean mampu memperkuat kawasan regional ini ke depan.

Singapura secara spesifik menandaskan bahwa Asean yang kuat akan berguna bagi anggota-anggotanya. Paling tidak dalam percaturan dunia, Indoensia bisa ikut dalam menentukan beberapa agenda, jelas Yopie.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top