Harga lahan di kawasan satelit kian prospektif

Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 08 Desember 2010  |  11:29 WIB

JAKARTA: Para pengembang memprediksi harga lahan di sejumlah kota penyangga (kawasan satelit) Jakarta pada 2011 semakin prospektif bagi tumbuhnya proyek properti baru terutama di subsektor perumahan dan komersial.

Berdasarkan pengamatan Coldwell Banker Indonesia (CBI), harga lahan untuk kawasan residensial (hunian) di Tangerang, Depok, Bogor, dan Bekasi diprediksi naik rerata 10% dibandingkan dengan harga lahan pada 2010.

Adapun, kenaikan harga lahan untuk pengembangan kawasan komersial di kota-kota penyangga tersebut diperkirakan bisa mencapai sekitar 15% dibandingkan dengan kondisi tahun ini."Kami optimistis harga lahan di sejumlah kota penyangga Jakarta itu tumbuh semakin pesat pada tahun depan seiring dengan kian membaiknya kondisi makroekonomi," kata Senior Vice President CBI Tommy Bastamy, hari ini.Sejak beberapa tahun terakhir, jelasnya, minat para pengembang membangun proyek-proyek baru di pinggiran Jakarta membesar terutama didorong oleh kondisi Jakarta yang kian padat serta tingginya harga lahan.Keadaan di Jakarta yang demikian padat, lanjutnya, berpotensi menciptakan stagnasi bisnis, sehingga kawasan penyangga kini semakin diincar menjadi alternatif pengembangan."Inilah salah satu faktor yang mendorong harga lahan di kota-kota satelit tumbuh pesat. Apalagi, aksesibilitas transportasi dan infrastruktur dasar yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota itu semakin baik. Kawasan residensial bisa berkembang lebih dahulu," terangnya. (zuf)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top