Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: Para pengembang memprediksi harga lahan di sejumlah kota penyangga (kawasan satelit) Jakarta pada 2011 semakin prospektif bagi tumbuhnya proyek properti baru terutama di subsektor perumahan dan komersial.

Berdasarkan pengamatan Coldwell Banker Indonesia (CBI), harga lahan untuk kawasan residensial (hunian) di Tangerang, Depok, Bogor, dan Bekasi diprediksi naik rerata 10% dibandingkan dengan harga lahan pada 2010.

Adapun, kenaikan harga lahan untuk pengembangan kawasan komersial di kota-kota penyangga tersebut diperkirakan bisa mencapai sekitar 15% dibandingkan dengan kondisi tahun ini."Kami optimistis harga lahan di sejumlah kota penyangga Jakarta itu tumbuh semakin pesat pada tahun depan seiring dengan kian membaiknya kondisi makroekonomi," kata Senior Vice President CBI Tommy Bastamy, hari ini.Sejak beberapa tahun terakhir, jelasnya, minat para pengembang membangun proyek-proyek baru di pinggiran Jakarta membesar terutama didorong oleh kondisi Jakarta yang kian padat serta tingginya harga lahan.Keadaan di Jakarta yang demikian padat, lanjutnya, berpotensi menciptakan stagnasi bisnis, sehingga kawasan penyangga kini semakin diincar menjadi alternatif pengembangan."Inilah salah satu faktor yang mendorong harga lahan di kota-kota satelit tumbuh pesat. Apalagi, aksesibilitas transportasi dan infrastruktur dasar yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota itu semakin baik. Kawasan residensial bisa berkembang lebih dahulu," terangnya. (zuf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper