Bhakti Finance lunasi utang obligasi

Hery Trianto | 07 Desember 2010 02:30 WIB

JAKARTA: Anak usaha Grup Bhakti Investama, PT Bhakti Finance, melunasi obligasi II/2007 sebesar pokok Rp75,5 miliar dan bunga ke-12 sesuai dengan jadwal jatuh tempo pada 3 Desember pekan lalu. Nilai obligasi tersebut merupakan outstanding pokok setelah dilakukan pembelian kembali atau buyback dari nilai penerbitan awal sebesar Rp150 miliar.

Direktur Utama PT Bhakti Finance Purnadi Harjono mengatakan pelunasan obligasi tersebut merupakan wujud komitmen perseroan menjaga kepentingan para investor untuk memperoleh kembali investasinya.

"Ini adalah komitmen kami untuk memberikan keuntungan investasi kepada investoer berikut dengan keuntungan dari bunga sebesar 12,75% per tahun sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," katanya dalam rilis awal pekan ini.

Perseroan sudah menerbitkan obligasi sebanyak 2 kali, pada 2004 sebesar Rp125 miliar dan pada 2007 sebesar Rp150 miliar. Tahun depan, katanya, perseroan juga akan menjajaki penerbitan obligasi pada semester pertama.

"Di tahun depan kami akan menerbitkan obligasi kembali yang diharapkan telah efektif pada semester pertama," kata Purnadi.

Nilai obligasi tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan minat pasar yang akan menyerap obligasi tersebut. Rencananya emisi surat utang tersebut sebesar Rp200 miliar, sementara tingkat bunga akan ditentukan kemudian.

Purnadi mengatakan penerbitan obligasi itu merupakan salah satu strategi bisnis guna menunjang target pembiayaan pada tahun depan selain tetap mengandalkan pinjaman dari perbankan. Perseroan tetap memfokuskan pembiayaan roda dua dan roda empat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top