Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: Komisi IX DPR mendesak Menakertrans Muhaimin Iskandar untuk menuntaskan kasus penganiayaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Haryatin binti Kadi yang disiksa majikannya di Arab Saudi hingga membuat kedua matanya buta.

"Kita kirim surat ke Menakertrans agar hak dan kewajiban Haryatin harus dipenuhi. Komisi IX mendesak Muhaimin agar secepatnya menindaklanjuti kasus penganiayaan Haryatin yang menyebabkan kedua matanya buta, ujar anggota Komisi IX dari Fraksi Gerindra, Supriyanto di Gedung DPR hari ini.Dia mengatakan surat kepada Muhaimin itu akan dikirim pada Rabu besok selain melakukan kontak telepon langsung sehingga Menakertrans tersebut cepat mengambil tindakan. Terkait dengan kejadian itu Komisi IX juga meminta kepada Muhaimin untuk memberikan sanksi tegas kepada perusahaan pengiriman TKI PT Kemuning Bunga Sejati."Harus ada pertanggungjawaban hukum kepada PJTKI tersebut karena telah melalaikan kewajibannya sebagai PJTKI," tegas Supriyanto.Sementara anggota Komisi IX DPR lainnya, Riski Sadiq mengatakan komisi yang menangani masalah TKI itu telah mengirim surat kepada Rumah Sakit Mata Aini agar semua biaya pengobatan mata Haryatin ditanggung oleh Komisi IX."Semua biaya Haryatin akan ditanggung oleh Komisi IX DPR RI," kata anggota DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.Sebelumnya, Haryatin dilaporkan mengalami tindak kekerasan oleh majikannya saat bekerja di Arab Saudi. Selain matanya buta, wanita asal Blitar, Jawa timur itu juga mengalami gangguan kesehatan lainnya akibat disiksa majikan bernama Fatima selama hampir 11 bulan masa kerjanya di negara itu. (mrp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper