Wisatawan mulai datangi Kaliurang

SEMARANG: Sejumlah surat kabar umum terbitan Jateng dan DIY menurunkan berita utama, a.l. banjir lahar dingin menyebabkan jalur Magelang-Yogyakarta lumpuh, kunjungan wisatawan di Kaliurang mulai naik, tiket kereta api jurusan Solo - Jakarta untuk libur
News Editor | 06 Desember 2010 03:32 WIB

SEMARANG: Sejumlah surat kabar umum terbitan Jateng dan DIY menurunkan berita utama, a.l. banjir lahar dingin menyebabkan jalur Magelang-Yogyakarta lumpuh, kunjungan wisatawan di Kaliurang mulai naik, tiket kereta api jurusan Solo - Jakarta untuk libur Natal dan Tahun Baru mulai diserbu.

BANJIR LAHAR DINGIN: Terjangan banjir lahar dingin dari puncak Merapi semakian dahsyat. Setelah merusak sejumlah jembatan dan jalan di beberapa wilayah, luapan lahar kemarin melumpuhkan jalur transportasi utama Magelang - Yogyakarta.Banjir bercampur material vulkanik yang mengalir deras di Kali Putih melimpas ke jalan raya Magelang - Yogyakarta sehingga mengakibatkan jalur utama itu terputus 5 jam lebih. Ruas jalan tersebut bahkan tertutup pasir setinggi sekitar setengah meter dan panjang 100 meter.(Suara Merdeka)PENERAPAN PERDA: Sebanyak 6.360 tarif retribusi baru akan diterapkan di Jateng pada awal 2011, menyusul penetapan Perda Retribusi Provinsi Jateng yang telah disesuaikan dengan UU 28/2009 tentang Pajak dan Retribusi. Perda ini telah disetujui dalam paripurna antara DPRD Jateng dengan Pemprov beberapa waktu lalu.(Suara Merdeka)KUNJUNGAN WISATAWAN: Sebanyak 300 wisatawan domestik mulai mengunjungi daerah wisata Kaliurang, Yogyakarta, setelah status Merapi diturunkan dari awas menjadi siaga. Namun, ketersediaan air bersih di daerah itu belum terjamin, dan pembuatan sumur tidak memungkinkan. Bejo Wiryanto, Kepala Desa Hargobinangun lereng Merapi mengatakan tanda kebangkitan pariwisata Kaliurang terlihat dari kunjungan enam bus wisatawan Munggu, kemarin. Selain rombongan jumlah besar itu, pengunjung juga ada yang datang menggunakan mobil dan sepeda motor.(Harian Jogja)PEMESANAN TIKET KA: Tiket kereta api (KA) jurusan Solo - Jakarta khusus untuk libur Natal dan Tahun Baru mulai diburu calon penumpang. Di Stasiun Solo Balapan, Solo, pemesanan tiket paling banyak untuk ke Jakarta pada libur Tahun Baru.Wakil Kepala Stasiun Solo Balapan Afendi mengatakan penjualan tiket KA untuk libur Natal dan Tahun Baru sudah dibuka. Paling tinggi untuk permintaan saat ini adalah tiket balik ke Jakarta setelah libur tahun baru.(Solopos)PERBAIKAN JARINGAN: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Klaten mempercepat masa rekonstruksi jaringan listrik yang rusak selama erupsi Gunung Merapi, setelah diturunkannya status gunung teraktif di dunia itu dari awas menjadi siaga.Analis Humas PT PLN APJ Klaten Santosa mengatakan rekonstruksi jaringan listrik sebenarnya sudah dimulai sejak awal November lalu. Namun, rekonstruksi jaringan listrik mengalami kendala karena status Merapi masih awas. Selama proses rekonstruksi jaringan listrik ini, PLN Klaten menyiapkan dana senilai Rp17 miliar. (Solopos)KREDIT UMKM: Perlakuan khusus kredit terhadap koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terkena dampak erupsi Merapi hingga kini masih menggantung, karena baru akan dinegosiasikan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM dengan perbankan.Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan belum dapat memastikan perlakuan khusus kredit semacam apa yang akan diberikan kepada koperasi dan UMKM di sekitar Merapi yang menjadi nasabah kredit usaha rakyat (KUR). (Bisnis Indonesia Sisipan Jateng dan DIY) (rsj/er)

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup