Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 Jerman dan Prancis Hentikan Penjualan Senjata ke Turki

Jerman dan Prancis memutuskan melarang ekspor senjata ke Turki akibat serangan militer Turki terhadap milisi YPG Kurdi di Suriah.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Reuters
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Jerman dan Prancis memutuskan melarang ekspor senjata ke Turki akibat serangan militer Turki terhadap milisi YPG Kurdi di Suriah.

Turki melancarkan operasi militer sejak Rabu setelah Presiden AS Donald Trump menarik pasukan AS yang telah mendukung pasukan Kurdi dalam perang melawan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Amerika Serikat dan Uni Eropa telah memperingatkan Turki tentang kemungkinan sanksi atas serangan itu.

"Dengan alasan serangan militer Turki, Pemerintah Federal Jerman tidak akan mengeluarkan izin penjualan baru untuk semua peralatan militer yang dapat digunakan oleh Turki di Suriah", kata Menteri Luar Negeri Heiko Maas seperti dikutip CNBC.com, Minggu (12/10/2019).

Prancis juga mengatakan pada Sabtu bahwa mereka telah menangguhkan semua penjualan senjata ke Turki dan memperingatkan Ankara bahwa serangannya di Suriah utara mengancam keamanan Eropa.

"Dengan berharap serangan itu berakhir, Prancis telah memutuskan untuk menangguhkan semua rencana untuk mengekspor senjata ke Turki yang dapat digunakan dalam serangan ini. Keputusan ini segera berlaku,” demikian pernyataan bersama kementerian luar negeri dan pertahanan Prancis.

Sementara itu, para menteri luar negeri Uni Eropa akan mengoordinasikan posisi mereka besok pada pertemuan di Luksemburg.

Menteri luar Negeri Turki Mevlüt Cavusoglu mengatakan negaranya tidak terpengaruh oleh larangan atau embargo tersebut.

"Apa pun yang dilakukan pihak lain, kami tidak peduli apakah itu embargo senjata atau apa pun, itu hanya akan memperkuat kami," katanya kepada stasiun radio Jerman, Deutsche Welle sebelum publikasi pernyataan Maas.

Jerman mengekspor senjata senilai 243 juta euro (US$268 juta) ke Turki pada 2018 atau hampir sepertiga dari total ekspor senjata, menurut mingguan Bild Am Sonntag.

Dalam empat bulan pertama 2019, Turki menerima senjata dari Jerman senilai 184 juta euro sehingga menjadikan negara itu penerima terbesar, tulis media itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper