Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Para Artis Ini Harus Patuhi Kebijakan Partai NasDem

Partai NasDem mengingatkan calon anggota legislatif dari kalangan artis tetap mengikuti aturan dan kebijakan internal jika tetap tak melepaskan profesinya di dunia hiburan.
Para artis bakal caleg dari Partai Nasdem/Instagram @official_nasdem
Para artis bakal caleg dari Partai Nasdem/Instagram @official_nasdem

Bisnis.com, JAKARTA - Partai NasDem mengingatkan calon anggota legislatif dari kalangan artis tetap mengikuti aturan dan kebijakan internal jika tetap tak melepaskan profesinya di dunia hiburan.

"Di NasDem ada kebijakan-kebijakan yang harus diikuti seluruhnya, tidak hanya caleg dari kalangan artis," ujar Ketua DPP NasDem, Irma Suryani Chaniago, ditemui di sela Pelatihan Caleg Perempuan NasDem, di Kantor Bappilu DPW NasDem Jawa Timur, di Surabaya, Sabtu (15/12/2018).

Partai NasDem, kata dia, mempersilakan caleg, bahkan jika sudah duduk di parlemen untuk tidak meninggalkan profesinya sepanjang tak membuat kredibilitas menurun.

Selain itu, membebaskan berkarir di dunia hiburan juga ada konsekuensi tidak melanggar aturan dan tidak mengurangi kinerja anggota legislatif, termasuk hadir rapat-rapat membahas urusan rakyat, serta absensi di parlemen.

"Saya rasa tidak masalah, apalagi rata-rata yang sudah masuk NasDem mampu menempatkan dirinya sebagai wakil rakyat," ucap anggota DPR itu.

Jika tidak mengikuti aturan main partai, lanjut dia, maka ancamannya adalah pergantian antarwaktu (PAW) meskipun seorang publik figur.

Kendati demikian, dia menegaskan, artis calon anggota legislatif dari partainya memiliki kemampuan di bidang politik dan tak hanya mengandalkan kepopuleran semata, terlebih ada kewajiban mengikuti sekolah legislatif.

"Jadi, mereka paham bagaimana membaca anggaran, membaca kebijakan dan program pemerintah untuk berikutnya disosialisasikan ke masyarakat. Artis tak hanya etalase, namun mau berjuang di parlemen," tutur juru bicara Tim Kampanye Nasional untuk pemenangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin itu.

Sementara itu, artis yang juga calon anggota legislatif asal Partai NasDem, Venna Melinda, mengaku siap mengikuti segala aturan yang ditetapkan oleh partai dan memperjuangkan hak-hak rakyat jika terpilih sebagai anggota DPR periode 2019-2024.

"Saya sudah pernah menjadi anggota dewan selama dua periode, atau sembilan tahun. Dan publik tahu bahwa selama itu saya tidak pernah terjun di dunia hiburan lagi," ujarnya.

Selain Melinda, terdapat delapan artis yang yang maju dari dapil Jawa Timur, yakni Manohara Odelia Pinot mewakili dapil Jatim I (Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo), Lucky Perdana dan Yuli KDI mewakili dapil Jatim III (Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso).

Kemudian, Ferly Putra bersama Imelda Soraya mewakili dapil Jatim IV (Kabupaten Jember dan Lumajang), Ratna Listy mewakili dapil Jatim VIII (Kabupaten Jombang, Nganjuk, Kabupaten dan Kota Madiun, Kabupaten dan Kota Mojokerto).

Berikutnya, Tessa Kaunang mewakili dapil Jatim IX (Kabupaten Bojonegoro dan Tuban), serta Elma Theana mewakili dapil Jatim X (Kabupaten Gresik dan Lamongan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper