Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tuntutan Perundingan Kembali Meningkat, PM May Bertahan Pada Proposal Brexit-nya

Meskipun menghadapi pertentangan keras dari oposisi terhadap kesepakatan Brexit-nya, Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan dia terus maju menuju pemungutan suara di House of Commons pada Selasa terlepas prediksi kekalahan.
Theresa May/independent.co.uk
Theresa May/independent.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA – Meskipun menghadapi pertentangan keras dari oposisi terhadap kesepakatan Brexit-nya, Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan dia terus maju menuju pemungutan suara di House of Commons pada Selasa terlepas prediksi kekalahan.

Dilansir dari Bloomberg, anggota Parlemen menggunakan wawancara televisi hari Minggu (9/12) untuk meminta May kembali ke Brussels untuk menegosiasikan kembali kesepakatan penarikannya dengan Uni Eropa.

Di antara mereka adalah mantan sekretaris asing dan advokat Brexit Boris Johnson, yang mengatakan kesepakatan saat ini memberikan kekuasaan kepada negara-negara anggota lain untuk "memeras" Inggris dan menyarankan May agar mengancam untuk menahan pembayaran perceraian ke Uni Eropa.

Sementara itu, Nigel Dodds, wakil ketua Partai Serikat Demokratis Irlandia Utara, mengatakan jika perjanjian saat ini disetujui di parleman, dia tidak dapat lagi mengandalkan dukungan mereka.

Menteri Brexit Stephen Barclay mengatakan dalam wawancara dengan BBC bahwa tidak ada rencana untuk menunda pemilihan parlemen terhadap RUU Penarikan Uni Eropa.

Sementara Barclay mengatakan bahwa pemerintah siap untuk meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan, dia mengatakan akan menjadi "sulit" untuk meminta rekan-rekannya agar mengurangi risiko dengan memilih proposal dari PM May.

Barclay berbicara setelah Sunday Times melaporkan beberapa menteri mengharapkan pengumuman pada Senin bahwa May akan menunda pemungutan suara untuk meyakinkan para pemimpin Uni Eropa dan bertemu di Brussels untuk melonggarkan ketentuan.

“Itu tidak akan mungkin,” kata Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian.

“Orang Inggris telah memutuskan untuk pergi. Sayang sekali, itu disesalkan, tapi itu fakta. Kesepakatan saat ini adalah yang paling bisa kami tawarkan. Pembicaraan ditutup. Sekarang terserah pada Inggris untuk memutuskan,” ungkapnya di stasiun radio Prancis RTL.

Bahkan ketika May berusaha menyelamatkan sebuah kesepakatan, pertanyaan tentang masa depannya sendiri semakin menjadi sorotan. anggota parlemen Jon Trickett mengatakan kepada Sky News bahwa Partai Buruh oposisi siap untuk membentuk pemerintahan minoritas segera setelah Rabu pagi, jika diperlukan,

Menteri Brexit Kwasi Kwarteng membantah ada kemungkinan bahwa partai tersebut akan berpisah atas kesepakatan penarikan, tetapi mengakui pada BBC Radio 5 Live bahwa "satu atau dua" anggota parlemen lebih mungkin berhenti.

Will Quince, sekretaris pribadi parlemen untuk menteri pertahanan, mengatakan pada hari Minggu dia mengundurkan diri karena dia tidak dapat mendukung kesepakatan dengan pengaturan “backstop” tersebut, yang akan membuat Inggris bernegosiasi dengan Brussels tanpa batas.

Sementara itu, anggota Partai Konservatif George Freeman menghimbau PM May untuk mengizinkan pemungutan suara bebas mengenai masalah ini “untuk memberi kesempatan untuk memilih dengan hati nurani,” daripada harus sejalan dengan pandangannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper