Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laporan dari Penang: Kunjungan Wisatawan dari Indonesia Ditargetkan Naik Signifikan

Otoritas wisata Penang. Malaysia, menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan asal Indonesia secara signifikan. Hal itu didukung dengan pembukaan rute penerbangan baru.
Penang State Minister for Tourism Development, Heritage, Culture and Arts YB Yeoh Soon Hin./Bisnis-Miftahul Ulum
Penang State Minister for Tourism Development, Heritage, Culture and Arts YB Yeoh Soon Hin./Bisnis-Miftahul Ulum

Bisnis.com, PENANG, Malaysia -- Otoritas wisata Penang. Malaysia, menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan asal Indonesia secara signifikan. Hal itu didukung dengan pembukaan rute penerbangan baru.

Penang State Minister for Tourism Development, Heritage, Culture and Arts YB Yeoh Soon Hin mengatakan Pulau Penang memiliki kedekatan dengan Medan maupun Aceh serta Sumatra pada umumnya. Sehingga, dengan kondisi itu, secara kultural ada jejak budaya, baik bahasa atau makanan antardaerah tersebut. Kedekatan itu diharapkan meningkatkan ketertarikan wisatawan ke Penang.

"Kami juga akan perbesar bandara untuk akomodasi lebih banyak dari Indonesia, targetkan seperti Bandung atau Bali [ada penerbangan langsung]," ujarnya dalam familiarization trip medical tourism di Penang, Malaysia, Rabu (6/12/2018) malam.

Penerbangan langsung Indonesia-Penang antara lain dilayani dari Jakarta, Surabaya, Medan dan Banda Aceh. Dalam sepekan penerbangan ke Penang dari Indonesia mencapai 100 kali pada Oktober tahun ini.

Executive Directory Penang Center of Medical Tourism Tan Seang Aun, mengatakan pada 2019 ada maskapai asal Indonesia yang merencanakan penerbangan dari Bali ke Penang. "Ini diharapkan meningkatkan kunjungan," jelasnya.

Maskapai Airasia yang mengoperasikan 54 penerbangan dari Indonesia tingkat keterisian rata-ratanya 85%. Adapun Citilink yang memiliki 21 penerbangan dari Tanah Air ke Penang rata-rata keterisian 75% - 80%.

Selain wisata budaya, Pemerintah Provinsi Penang, Malaysia, menargetkan kunjungan wisatawan kesehatan atau pasien yang asal Indonesia meningkat.

The Malaysia Healthcare Travel Council mencatat kunjungan wisatawan kesehatan ke Malaysia pada 2017 sebanyak 1,05 juta orang dengan pendapatan RM1,3 miliar (Rp4,5 triliun). Pendapatan ini ditargetkan menjadi RM2,8 miliar pada 2020.

Lembaga di bawah The Ministry of Finance Malaysia ini mencatat pendapatan tersebut berdampak pada sektor ekonomi RM4 miliar, meliputi sektor transportasi maupun akomodasi wisata.

Penang berkontribusi 60% terhadap total kunjungan wisatawan kesehatan di Malaysia. Pasien yang berobat mayoritas bidang kardiologi, ortopedi, onkologi, neurologi, fertilitasi in vitro, kedokteran gigi, dsb.

Adapun kunjungan wisatawan asing ke Malaysia pada 2017 sebanyak 25.948.459 orang dan 2.796.570 turis berasal dari Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper