Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reuni Akbar Alumni 212 Dinilai Sarat Muatan Politik

Pengamat politik menilai acara Reuni Akbar 212 yang akan digelar 2/12/2018 tak terlepas dari muatan-muatan politik.
Reuni Akbar 212/twitter
Reuni Akbar 212/twitter

Bisnis.com, JAKARTA — Pengamat politik menilai acara Reuni Akbar 212 yang akan digelar 2/12/2018 tak terlepas dari muatan-muatan politik.

Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Mercu Buana Maksimus Ramses Lalongkoe menuturkan bahwa di balik acara tersebut terlibat sejumlah aktor-aktor politik yang mendukung Prabowo-Sandiaga Uno.

“Nah dari situ kita bisa menduga bahwa memang gerakan ini merupakan gerakan politik dari para pendukung Prabowo-Sandi. Dari situ kita bisa melihatnya gitu,” ujarnya saat dihubungi Jumat (30/11/2018).

Menurutnya, acara tersebut menjadi panggung untuk menggiring opini publik untuk menunjukkan ada sekelompok orang yang mendukung Prabowo-Sandi.

“Begitu artinya ini pesan secara eksplisitnya begitu,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Riset Demokrasi dan Isu Politik Universitas Telkom Dedi Kurnia Syah Putra mengungkapkan hal yang senada.

Menurutnya sulit untuk memungkiri adanya muatan politik pada acara tersebut, terlebih dalam manifes acara tersebut terdapat aktor-aktor yang diketahui mendukung pasangan calon nomor urut 02.

Ia menilai penggerakkan massa pada acara Reuni Akbar 212 sebagai langkah cerdas.

“Penilaian pragmatis saya, aksi dengan menggerakan massa seperti ini, langkah cerdas karena sulit disebut melanggar aturan kampanye, tetapi simbol yang dibawa menunjukan kampanye. Barang kali ini bisa disebut, kampanye politik tanpa ajakan politis,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper