Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian Agama Bakal Gelar Pertemuan Ilmiah Guru Besar Kampus Islam

Kementerian Agama akan menggelar pertemuan ilmiah guru besar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) bertajuk "The 2nd Islamic Higher Education Professors (IHEP) Summit" di Bandung, 7-9 Desember 2018.
Gedung Kementerian Agama/kemenag.go.id
Gedung Kementerian Agama/kemenag.go.id

Kabar24.com, JAKARTA — Kementerian Agama akan menggelar pertemuan ilmiah guru besar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) bertajuk "The 2nd Islamic Higher Education Professors (IHEP) Summit" di Bandung, 7-9 Desember 2018.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim mengatakan Konferensi Tingkat Tinggi Guru Besar PTKI Ke-2 ini penting untuk meningkatkan sumbangsih pemikiran kepada tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara yang kondusif melalui penelaahan kritis atas isu terkini nasional sesuai kepakaran masing-masing.

"Tema besar yang menjadi pembahasan adalah ”Membingkai Agama dan Kebangsaan”," ujar Arskal seperti dikutip dari keterangan tertulis di laman Kementerian Agama, Selasa (27/11/2018).

Menurut Arskal, tema besar ini mendesak untuk mendapatkan respon akademik dari para guru besar atau professor PTKI menyusul beberapa fenomena penting.

Fenomena pertama, belum tuntasnya relasi antara agama dan kebangsaan di negeri ini. Fenomena ini tidak saja terjadi di tengah kehidupan warga masyarakat secara umum, melainkan juga kalangan terdidik, termasuk juga akademisi di perguruan tinggi tanah air.

"Kasus menyeruaknya ideologi dan gerakan yang berorientasi untuk mengganti Pancasila dengan ideologi lain adalah salah satu buktinya. Ideologi dan gerakan semacam ini hadir dalam besaran yang semakin lama cenderung semakin membesar," ujarnya.

Kedua, menguatnya fenomena globalisasi yang ditandai oleh, dan disempurnakan dengan, kemajuan peradaban teknis-material melalui beragam inovasi, mulai dari perangkat lunak dan keras, membuat referensi ideologi dan praktik domestik mendapatkan tantangan dari luar.

Memang, kata Arskal, tantangan ini bisa semakin memperkuat dan bisa pula memperlemah bangunan relasional antara agama dan kebangsaan.

Namun, tantangan yang harus mendapatkan perhatian dan solusi adalah saat mewujud dalam bentuk yang memperlemah bangunan agama dan kebangsaan yang sudah lama melembaga dalam kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan di tanah air.

"Para guru besar atau profesor PTKI sepatutnya tanggap memberikan respon akademik terhadap serangkaian fenomena di atas. Sesuai dengan cakupan keilmuan dan pembidangan akademik yang menjadi spesialisasi di PTKI, maka para guru besar atau profesor PTKI akan membahas tema besar dimaksud sesuai dengan keilmuan masing-masing," jelasnya.

Tema besar ini, lanjut Arskal, akan ditilik dari sejumlah perspektif, yaitu ekonomi dan politik, pendidikan dan budaya, serta sains dan teknologi. "Akan dibahas juga peran PTKI dalam penguatan bingkai relasi agama dan kebangsaan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper