Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saat Neurosains Campur Tangan Dalam Pilpres

Masyarakat sebagai calon pemilih presiden bisa jadi tidak menyadari bahwa dirinya telah diarahkan untuk memilih kandidat tertentu dengan cara sains bekerja. Namun, fakta yang terjadi di Amerika dan Brasil,  justru sebaliknya. Sains justru menjadi tool untuk menggiring pilihan masyarakat.
Calon Presiden dalam Pilpres 2019 Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Capres Prabowo Subianto di sela-sela pengambilan nomor urut pasangan calon untuk pemilihan Presiden 2019, di kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9/2018)./Reuters-Darren Whiteside
Calon Presiden dalam Pilpres 2019 Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Capres Prabowo Subianto di sela-sela pengambilan nomor urut pasangan calon untuk pemilihan Presiden 2019, di kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9/2018)./Reuters-Darren Whiteside

Bisnis.com, JAKARTA - Pilpres kini tak hanya berupa tebaran janji dan ajakan manis, lebih dari itu saraf ketegaran dan ketegangan publik seakan diaduk-aduk dengan berbagai langkah dan ucapan kubu-kubu yang sedang bersaing.

Masyarakat sebagai calon pemilih presiden bisa jadi tidak menyadari bahwa dirinya telah diarahkan untuk memilih kandidat tertentu dengan cara sains bekerja. Namun, fakta yang terjadi di Amerika dan Brasil,  justru sebaliknya. Sains justru menjadi tool untuk menggiring pilihan masyarakat. Apakah hal serupa terjadi pada Pilpres 2019 yang menempatkan Jokowi dan Prabowo sebagai dua kandidat yang sedang berkompetisi?

Sains yang tidak memihak, bebas nilai, adalah ilmu yang memberikan kepastian bagaimana cara sesuatu bekerja, termasuk pada bermacam sistem kerja otak manusia yang sangat bisa diperhitungkan lewat ilmu pengetahuan.

Neurosains adalah bidang ilmu yang mempelajari sistem saraf yang ada di otak manusia. Dengan meneliti dan mempelajari berbagai macam sistem yang ada di otak itu pula, perilaku seseorang atau bahkan perilaku masyarakat dapat dimanipulasi.

Ahli neurologi yang juga ilmuwan neurosains dr Roslan Yuni Hasan atau yang akrab disebut Ryu Hasan menyebut pemilihan presiden Amerika Serikat pada 2016 adalah contoh pemanfaatan neurosains yang sukses diterapkan pada warga Amerika Serikat.

Dari Sampel Hingga Kromosom

Donald Trump yang saat itu memenangkan pemilihan presiden melawan Hillary Clinton menggunakan jasa neuroscientist untuk memetakan sifat orang Amerika dan memanipulasinya dengan ilmu saraf agar bisa memilihnya pada pemilu.

Trump menggunakan sains dalam berkompetisi, mulai dari mengambil sampel masyarakat dari tiap negara bagian, menelitinya hingga level kromosom, sampai memindai respons seseorang dari suatu tindakan atau informasi yang diberikan melalui perangkat MRI (Magnetic Resonance Imaging) fungsional.

Dokter Ryu mengatakan penelitian ini hanya dilakukan dalam waktu enam minggu hingga akhirnya para neuroscientist mendapatkan "kode" dari sistem saraf otak manusia yang harus diaktifkan agar ia memilih Trump.

Ketika "kode" itu telah didapatkan, Trump tinggal membombardir publik dan media dengan pernyataan-pernyataan yang mengandung "kode" tersebut agar salah satu sistem saraf di otak sebagian masyarakat aktif dan memilihnya pada pemilihan presiden.

Namun, sederhananya jika ingin melakukan manipulasi otak menggunakan neurosains secara fisik, tinggal memberikan seseorang obat kemudian orang tersebut pasti akan memilih kandidat tertentu dalam pemilihan.

Ancaman dan Kabar Bohong Lebih Manjur

Strategi politik yang dilakukan oleh Trump itu pun berdasar pada dasar ilmiah, yang bahkan berbasis klinis atau penelitian yang telah diujicobakan pada seseorang.

Dalam penelitian yang dikerjakan oleh para ilmuwan neurosains itu ditemukan bahwa pesan yang berisi ancaman lebih efektif dalam memengaruhi seseorang ketimbang pesan yang berisi harapan atau janji-janji manis.

Contoh sederhananya yang sering ditemui di kehidupan sehari-hari adalah pesan hoaks atau kabar bohong yang beredar di media sosial dan aplikasi pesan singkat.

Orang lebih banyak dan lebih mudah merespons dengan membagikan ulang pesan yang berisi ancaman atau untuk mencegah ancaman kepada orang lain ketimbang menanggapi pesan yang isinya solusi.

Hal lainnya yang paling digemari kebanyakan orang ialah irelevansi. Sesuatu yang tidak relevan lebih menarik perhatian manusia ketimbang hal-hal relevan.

Pohon mangga berbuah mengkudu di Probolinggo banyak menarik perhatian masyarakat dan beritanya banyak dilihat. Sinetron yang oleh sebagian orang dianggap tidak bermutu karena sangat tidak relevan dengan kehidupan nyata buktinya memiliki banyak penonton dengan rating tinggi.

Jadi, selain berbicara hal yang berisi ancaman, berbicara hal-hal tidak relevan seperti membandingkan tempe dengan kartu ATM pasti akan lebih banyak mendapat perhatian publik.

Seperti Trump yang pernah mengatakan dirinya bisa menembak seseorang di Fifth Avenue New York dan tidak akan kehilangan pemilih, atau Trump yang memboikot media CNN sehingga banyak diberitakan oleh media.

Itulah yang sebenarnya diinginkan dan memang sudah direncanakan agar Trump mendapatkan popularitas di media karena sikap kontroversialnya. Walaupun popularitas itu negatif, dia tetap makin dikenal.

Kubu Hillary Clinton pada saat itu sangat percaya diri, seseorang seperti Trump dengan ucapan-ucapan anehnya tidak mungkin dipilih. Namun nyatanya, Trump tetap menang berkat ilmu pengetahuan.

Manipulasi Masyarakat Relijius

Neurosains ini pula yang ditiru oleh Presiden Brazil terpilih Jair Bolsonaro yang memenangkan kompetisi pemilihan presiden pada 28 Oktober lalu.

Bolsonaro juga kerap melontarkan ucapan kontroversial yang melecehkan perempuan, rasis pada kaum afro, menolak PBB karena dianggap komunis, bahkan terang-terangan mengatakan dirinya prokekerasan.

Hasilnya, Bolsonaro mencicipi kemenangan seperti Trump. Kendati pun empat bulan sebelum pemilihan, orang-orang Brazil mengelak bahwa neurosains tidak akan berlaku di negaranya karena warga Amerika berbeda dengan Brasil.

Faktor yang membuat sistem neurosains ini sukses di Amerika dan Brazil ialah kesamaan masyarakat yang begitu religius.

"Yang satu Katolik banget, yang satu Evangelis banget. Sama dengan di Indonesia, Islam banget," kata Ryu.

Masyarakat yang religius, kata Ryu, merupakan kalangan masyarakat yang paling mudah dimanipulasi dengan menggunakan neuorosains.

Apa sebabnya? Ialah karena masyarakat religius sangat percaya pada konsep "reward and punishment". Walau entah imbalan dan hukuman itu benar-benar ada atau tidak, tetapi masyarakat religius sangat mempercayai konsepnya.

Selain itu religiusitas sendiri memperkuat ikatan kelompok. Ikatan itu jauh lebih kuat dari pada masyarakat yang tidak religius.

"Ketika pemimpinnya bilang A, ikut semua," kata dia.

Pemasaran Produk

Neurosains ini juga sudah banyak digunakan oleh perusahaan dalam dunia periklanan untuk memasarkan produk. Orang secara sadar ataupun tidak diarahkan untuk membeli suatu produk lewat informasi yang terus menerus dipaparkan.

Soal pertanyaan apakah neurosains dilibatkan dalam Pilpres 2019 di Indonesia. Ryu tidak bisa membuktikannya. Untuk mengetahui apakah pada kontestasi politik di Indonesia, salah satu pasangan capres-cawapres atau kedua kubu, menggunakan neurosains harus dibuktikan melalui penelitian.

Namun yang pasti religiusitas masyarakat Indonesia sama persis dengan warga Amerika dan Brazil.

Ryu juga melihat pola-pola yang muncul saat ini di Indonesia ada kecenderungan seperti yang dilakukan oleh Trump dan Bolsonaro.

Ada narasi kampanye yang berisikan ancaman, irelevansi, popularitas negatif dengan kebodohan dan kebohongan yang banyak dibicarakan di media sosial maupun media massa.

Secara tidak disadari, masyarakat yang terus membicarakannya tengah membangun popularitas salah satu pasangan calon kandidat dan akan termanipulasi untuk memilihnya.

Mengubah Kultur

Jika sebegitu hebatnya neurosains, bukankah lebih bijak menggunakan ilmu pengetahuan itu untuk pembangunan manusia Indonesia yang lebih berkualitas lewat manipulasi sistem otak? Tentu sangat mungkin.

Dokter Ryu Hasan menjelaskan neurosains ini akan efektif diberikan dalam bentuk pelatihan untuk individu, sementara untuk secara kolektif dan jangka panjang harus melalui sistem pendidikan.

Untuk mengubah kultur masyarakat Indonesia menjadi lebih disiplin, lebih tertib, inovatif dan sebagainya memerlukan sistem dan pendidikan yang harus secara ketat dijalankan sehingga nantinya kultur buruk masyarakat akan luntur menjadi sistem, dan sistem itu sendiri yang akan menjadi kultur masyarakat.

Akan tetapi, untuk mengubah atau meningkatkan kualitas manusia Indonesia menjadi lebih baik tetap membutuhkan waktu yang tidak singkat.

"Kalau kita bicara mengubah kultur masyarakat, jangan terburu-buru, kita bicara tentang dua generasi," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper