Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polri Terjunkan 3.444 Penyidik di Tim Sentra Gakkumdu

Mabes Polri menerjunkan 3.444 penyidik Korps Bhayangkara di Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu untuk menggarap semua kasus dugaan tindak pidana pemilu 2019.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Mabes Polri menerjunkan 3.444 penyidik Korps Bhayangkara di Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu untuk menggarap semua kasus dugaan tindak pidana pemilu 2019.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahwa Tim Sentra Gakkumdu berasal dari tiga unsur yaitu Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan. Dia menjelaskan Kepolisian bertugas menyelidiki dugaan tindak pidana pemilu yang dilaporkan masyarakat atau ditemukan Bawaslu di lapangan.

"Jadi untuk jumlah personel dari unsur Polri yang akan dilibatkan pada Tim Sentra Gakkumdu ini ada sekitar 3.444 personel di seluruh Indonesia. Tugas Polri adalah menyelidiki setiap perkara yang masuk atau ditemukan Bawaslu," tuturnya, Jumat (23/11/2018).

Dedi menjelaskan bahwa 3.444 penyidik Polri yang telah bergabung di Tim Sentra Gakkumdu tersebut tidak semuanya berasal dari Mabes Polri. Menurut Dedi penyidik dari Mabes Polri sekitar 19 anggota, Polda 306 anggota, dan 3.119 anggota berasal dari Polres.

"Rinciannya itu Pusat (Mabes Polri) 19 orang, tingkat Provinsi (Polda) ada 306 anggota dan tingkat Kabupaten Kota (Polres) ada 3.119 anggota. Semua akan dilibatkan nanti," kata Dedi.

Dedi optimistis Pilpres dan Pileg 2019 dapat berjalan dengan aman dan tertib. Polri sudah menyiapkan antisipasi dan akan memproses hukum masyarakat yang diduga terlibat tindak pidana pemilu 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper