Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beasiswa Santri Diluncurkan, Perhatikan Ini Syarat Mendapatkannya

Pemerintah meluncurkan program beasiswa santri untuk menempuh pendidikan jenjang magister dan doktoral di dalam dan luar negeri. Ini syarat pendapatkannya.
Ilustrasi santri/NU.or.id
Ilustrasi santri/NU.or.id

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah meluncurkan program beasiswa santri untuk menempuh pendidikan jenjang magister dan doktoral di dalam dan luar negeri. Sasaran program ini adalah peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan yang aktif di pondok pesatren selama minimal 3 tahun.

Beasiswa yang dikelola pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun ini menyasar 100 santri terbaik.

Terkait dengan program beasiswa tersebut, Kementerian Agama menginformasikan ada tiga kriteria santri untuk mendapatkan program beasisswa LPDP dengan IPK minimal—pada pendidikan sebelumnya—untuk jenjang magister 2,75 (ada letter of acception/LoA/surat pernyataan telah diterima di perguruan tinggi) dan tanpa LoA 3.00 serta kemampuan bahasa Inggris di atas rata-rata.

Sementara untuk program doktoral ada LoA 3.00 dan tanpa LoA dengan IPK 3.25 dengan usia minimal saat pendaftaran magister 42 tahun dan doktor maksimal 47 tahun.

Seperti dilansir laman resmi Kemenag, ada tiga kriteria yang mesti dipenuhi santri untuk mendapat beasiswa yakni: pertama, aktif sebagai peserta didik, pendidik/tenaga kependidikan di pondok pesantren minimal 3 tahun terahir; kedua, alumni Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang saat mendaftar aktif dalam pengembangan pondok pesantren minimal 3 tahun terakhir; serta ketiga, pondok pesantrennya terdaftar dalam list Kemeng.

Program beasiswa LPDP meliputi tiga bidang studi antara lain pengembangan kapasitas kelembagaan pesantren yaitu manajemen, kesehatan lingkungan, ekonomi syariah, pertanian, ilmu sosial dan politik, seni dan budaya, astronomi dan hukum.

Berikutnya, keilmuan pesantren yaitu ilmu falak, syariah, perbandingan mahzab, ilmu maqulaat, arudh, tahqiq, ulumul quran dan ulumul hadits; dan bidang ketiga yaitu ilmu prioritas LPDP.

Komponen beasiswa LPDP yang diperoleh yakni biaya hidup; transportasi keberangkatan dan kepulangan domisili asal ke perguruan tinggi tujuan; biaya pendidikan dan biaya pendukung visa termasuk paspor; tunjangan keluarga untuk program doktoral; serta asuransi kesehatan dan fasilitas lainnya.

Pendaftaran beasiswa dilakukan secara online melalui www.lpdp.kemenkeu.go.id. Periode pendaftaran program beasiswa santri LPDP 2018 dibuka mulai 15 November sampai 31 Desember 2018 dengan mengikuti tiga tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi, seleksi berbasis komputer, dan seleksi substansi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Kemenag.go.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper