Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertemuan AS-Jepang Tak Bahas soal Ekonomi

Menteri Keuangan Jepang Taro Aso mengatakan ia diagendakan bertemu dengan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence, namun mereka tak akan membahas soal ekonomi kedua negara dalam pertemuan.
Wakil Presiden AS Mike Pence/Reuters
Wakil Presiden AS Mike Pence/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Jepang Taro Aso mengatakan ia diagendakan bertemu dengan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence, namun mereka tak akan membahas soal ekonomi kedua negara dalam pertemuan.

Aso yang berbicara kepada wartawan usai pertemuan kabinet pada Selasa (13/11/2018), mengatakan ia tidak berharap membicarakan tarif otomotif dengan Pence karena masih banyak isu lainnya.

Pence yang tiba di Tokyo pada Senin (12/11/2018) akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Kedua negara diperkirakan akan membahas hubungan dagang sekaligus program nuklir dan misil Korea Utara.

Pemerintahan Donald Trump sebelumnya mengkritik kebijakan dagang Jepang. Ia menilai Tokyo memberikan perlakuan tidak adil pada Washington dengan mengirim jutaan mobil ke Amerika Utara sembari memblokir impor otombil AS dan produk pertanian seperti daging sapi dan beras.

Sementara itu, Jepang mengatakan pasarnya terbuka untuk produk manufkatur, meski mereka melindungi produk pertanian yang sensitif secara politis.

September lalu, Abe dan Trump sepakat memulai dialog perdagangan yang dibuat untuk melindungi produsen mobil Jepang dari tarif yang lebih jauh atas ekspor mereka. Adapun ekspor mobil Jepang menyumbang dua per tiga dari total US$69 miliar surplus perdagangan dengan AS.

Jepang telah menegaskan Perjanjian Perdagangan Barang (TAG) yang baru tidak akan menjadi bagian dari Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA), namun perwakilan perdagangan AS Robert Lighthizer mengatakan pihaknya bertujuan mencapai kesepakatan perdagangan bebas total yang memerlukan persetujuan Kongres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper