Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jerman Geontorkan Investasi Besar untuk Mobil Listrik

Jerman telah mengalokasikan 1 miliar euro (US$ 1,2 miliar) untuk mendukung konsorsium yang ingin memproduksi sel baterai mobil listrik dan berencana untuk mendanai fasilitas penelitian untuk mengembangkannya hingga generasi mendatang.
Populasi mobil listrik terus meningkat. /Reuters
Populasi mobil listrik terus meningkat. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA-- Jerman telah mengalokasikan 1 miliar euro (US$ 1,2 miliar) untuk mendukung konsorsium yang ingin memproduksi sel baterai mobil listrik dan berencana untuk mendanai fasilitas penelitian untuk mengembangkannya hingga generasi mendatang.

Mengutip dari reuters Minggu (11/11/2018), langkah-langkah itu diharapkan akan diumumkan minggu depan, dan dirancang untuk mengurangi ketergantungan pembuat mobil Jerman pada pemasok baterai kendaraan listrik (EV) Asia.

Adapun dorongan Berlin untuk membentuk kebijakan industri menandai terobosan yang sebelumnya dengan pendekatan "lepas tangan" terhadap keputusan bisnis dan merupakan bagian dari upaya Eropa untuk membentuk aliansi baterai untuk melawan dominasi perusahaan Cina, Jepang, dan Korea.

Reuters juga menyebut bahwa Jerman akan memastikan perusahaan lokal terlibat di seluruh rantai suplai kendaraan listrik karena telah menjadi bergantung secara ekonomi pada keberhasilan industri mobilnya.

Namun dorongan baterai mobil Jerman bisa dikatakan terlambat, sebab sejumlah pemimpin pasar Asia meningkatkan keluaran mereka, dan beberapa ahli mengatakan ada risiko kelebihan yang dapat menghambat pembentukan produksi sel baterai skala besar oleh pendatang baru Eropa.

Sementara itu, bagi koalisi penguasa, Kanselir Angela Merkel, hal ini juga merupakan cara untuk menunjukkan kepada pemilih menjelang tiga pemilihan umum tahun depan di Jerman timur yang dapat bertindak bersama untuk membantu ekonomi terbesar Eropa berkembang di era mobil listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper