Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabin Bianglala Terbalik, Pengelola Pasar Malam Sekaten Yogya bisa Dikenakan Pidana

Mabes Polri berencana mempidanakan pengelola pasar malam di Sekaten Yogyakarta jika ditemukan unsur kealpaan pada saat terjadi insiden terbaliknya bianglala yang menyebabkan beberapa penumpang nyaris jatuh.
Bisnis.com,  JAKARTA - Mabes Polri berencana mempidanakan pengelola pasar malam di Sekaten Yogyakarta jika ditemukan unsur kealpaan pada saat terjadi insiden terbaliknya bianglala yang menyebabkan beberapa penumpang nyaris jatuh.
 
Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto mengatakan Kepolisian setempat masih menyelidiki insiden terbaliknya wahana bianglala pada Minggu (11/11/2018) di Sekaten Yogyakarta. Menurutnya, jika berdasarkan hasil penyelidikan nanti ditemukan adanya unsur kealpaan yang dilakukan pengelola pasar malam, maka pengelola dapat dijerat dengan Pasal 359 KUHP tentang Tindak Pidana Kealapaan dengan ancaman pidana penjara maksimal 5 tahun.
 
"Bisa saja dijerat dengan pasal itu jika ditemukan ada kelalaian. Nanti akan di cek semua prosedurnya, sparepart wahana itu, suku cadang dan lainnya jika harusnya diganti ternyata tidak, maka dia (pengelola) bisa dikenakan Pasal Kelalaian," tuturnya, Senin (12/11).
 
Setyo menjelaskan meskipun tidak ada korban jiwa pada insiden wahana bianglala terbalik itu, namun pengelola tetap dapat dipidanakan. Pasalnya, Setyo menilai Tindak Pidana Kealpaan bisa dijerat kepada pengelola jika ada pengunjung yang luka-luka karena menggunakan wahata tersebut.
 
"Kalalaian itu bisa dijerat bukan hanya kepada korban jiwa saja, tetapi misalnya korban mengalami luka-luka juga bisa dikenakan pidana itu," katanya.
 Sebuah wahana bianglala gagal beroperasi di arena Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) di Alun-Alun Utara Kota Jogja, Minggu (11/11/2018) malam. Akibatnya sejumlah penumpang nyaris berjatuhan karena kabin terbalik.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Bianglala berjumlah 18 kabin dengan ketinggian sekitar 20 meter terisi penumpang di beberapa gerbong. Salah satu kabin tiba-tiba terbalik sehingga kabin lainnya menjadi tidak normal mengikuti putaran.

Berbeda dengan bianglala pada umumnya yang gerbongnya tertutup rapat, wahana ini justru terbuka, desain kabin hanya atap pintu masuk, penutup samping, tempat duduk dan meja. Masih ada celah sekitar 50 sentimeter bagi penumpanya untuk melihat kondisi luar. Celah itulah yang membuat penumpang bisa jatuh saat gerbong terbalik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper