Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perang Dagang Amerika vs China, Tak Ada yang Bisa Ikut Campur Pertemuan Trump-Xi Jinping

Gedung putih tidak ingin ada campur tangan siapapun dalam pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jin Ping. Perwakilan Gedung putih bahkan mengecam mantan eksekutif Wall Street yang meminta penghentian perang dagang.
Presiden AS Donald Trump berpidato saat bertemu Presiden China Xi Jinping di China pada November 2017/Reuters
Presiden AS Donald Trump berpidato saat bertemu Presiden China Xi Jinping di China pada November 2017/Reuters

Bisnis.com, BANDUNG - Gedung putih tidak ingin ada campur tangan siapapun dalam pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jin Ping. Perwakilan Gedung putih bahkan mengecam mantan eksekutif Wall Street yang meminta penghentian perang dagang.

Dikutip dari Reuters, Penasihat Gedung Putih, Peter Navarro, mengecam upaya mantan eksekutif Wall Street untuk mendesak Amerika Serikat dan China mengakhiri perselisihan dagang mereka. Dia menyebut mereka "agen asing yang tidak terdaftar" yang mencoba menekan Presiden AS Donald Trump ke dalam sebuah kesepakatan.

"Ketika agen-agen asing yang tidak dibayar terlibat dalam diplomasi semacam ini, yang disebut diplomasi, semua yang mereka lakukan adalah melemahkan presiden ini dan posisi negosiasinya," kata Navarro di Pusat Studi Strategis dan Internasional di Washington, akhir pekan ini.

Trump diperkirakan akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Buenos Aires, Argentina, pada akhir November di sela-sela pertemuan pemimpin G-20 untuk membahas kemungkinan jalan keluar dari perang dagang mereka yang semakin dalam.

“Tidak ada yang baik bisa datang dari ini. Jika ada kesepakatan, jika dan kapan ada kesepakatan, itu akan ada pada ketentuan Presiden Donald J. Trump, bukan persyaratan Wall Street,”tambahnya.

Dalam beberapa hari terakhir, Trump mengatakan dia percaya bahwa dia dan Xi dapat mencapai kesepakatan.

Diplomat senior China Yang Jiechi pada hari Jumat  (9/11/2018)mengatakan pembicaraan perdagangan AS-Cina dapat diselesaikan melalui pembicaraan dan bahwa konflik yang sedang berlangsung akan merugikan kedua negara.

Ketika perselisihan AS-China meningkat, para pelaksana seperti Blackstone Group (BX.N) Chief Executive Stephen Schwarzman dan Henry Paulson, mantan Menteri Keuangan AS dan Pemimpin Goldman Sachs (GS.N), telah bertemu dengan para pejabat di kedua sisi untuk menekan untuk sebuah resolusi.

Paulson, dalam sambutannya di Singapura pada hari Rabu (7/11/2018), memperingatkan "Tirai Besi ekonomi" baru yang didirikan antara Amerika Serikat dan China yang akan membatalkan manfaat dari globalisasi.

"Kecuali masalah-masalah yang lebih luas dan lebih mendalam ini dibahas, kita berada dalam musim dingin yang panjang dalam hubungan AS-China," kata Paulson dalam forum ekonomi.

Navarro mengatakan dia percaya upaya-upaya seperti itu oleh Wall Street tidak diperlukan oleh Trump dan kontraproduktif.

"Saya akan mengatakan lagi, 'Wall Street, keluar dari negosiasi itu," kata Navarro. 

“Bawalah uang Goldman Sachs Anda ke Dayton, Ohio, dan berinvestasi di Amerika. Presiden Amerika Serikat tidak perlu diplomasi antar-jemput, ”kata Navarro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper