Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesan Najwa Shihab di Hari Pahlawan untuk Milenial

Bertepatan dengan Hari Pahlawan 2018, jurnalis dan Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab mengajarkan kepada generasi milenial untuk berani menjadi agen perdamaian dengan banyak membaca dan berani mengambil keputusan.
 Najwa Shihab (kanan).JIBI/BISNIS-Gloria Fransisca Katharina Lawi
Najwa Shihab (kanan).JIBI/BISNIS-Gloria Fransisca Katharina Lawi

Bisnis.com, JAKARTA – Bertepatan dengan Hari Pahlawan 2018, jurnalis dan Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab mengajarkan kepada generasi milenial untuk berani menjadi agen perdamaian dengan banyak membaca dan berani mengambil keputusan.

Putri dari Quraish Shihab ini menyebut saat ini pendidikan dasar di Indonesia memang sudah berhasil mencapai 94%. Sayangnya, angka itu masih harus ditingkatkan untuk taraf sekolah menengah sampai perguruan tinggi.

Hal ini tercermin dari sejumlah riset soal rendahnya minat baca di Indonesia. Najwa pun mengajak 100 anak muda dari seluruh Indonesia yang terpilih dalam ajang ‘Millenial Movement’ dari Maarif  Institute untuk mulai rajin membaca agar bisa menjadi agen perdamaian pada masa depan.

“Coba dibayangkan ketika usia kemerdekaan Indonesia sudah mencapai 100 tahun. Saya berharap anak-anak muda di Indonesia sudah bisa menguasai 3 isu penting yakni anti korupsi, toleransi, dan ketiga adalah partisipasi,” kata Najwa di Hotel Aryaduta Jakarta, Sabtu (10/11/2018).

Najwa menilai anak muda Indonesia masih mengalami keraguan untuk bersikap, namun di sisi lain juga terlalu menggebu-gebu mengutarakan pilihan. Najwa juga menilai, minat baca anak muda Indonesia masih rendah karena waktu dihabiskan lewat media sosial dan untuk online.

“Membaca itu luar biasa, dan membuat kita tidak jadi bangsa kelas teri. Membaca memiliki daya imajinasi, dan itu luar biasa, itu membuat kita punya keluasan hati, tidak mudah diprovokasi. Dan membaca juga membuat kita tidak mudah menjadi orang yang menghakimi,” terang Najwa.

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini menyebut, pribadi yang gemar membaca adalah orang yang sabar karena dia akan menunda mengambil kesimpulan sampai halaman terakhir. Orang yang suka membaca, tidak takut pada perbedaan sebab pribadi yang gemar membaca akan menemukan dunia lain dalam lembaran kertas.

“Saya rasa banyak orang kehilangan sensasi membaca, namun kalau kita jatuh cinta pada membaca, seperti orang jatuh cinta, dia akan melakukan apapun untuk menemukan kecintaan dan melakukan apapun untuk merawat cintanya. Karena kalau cinta tidak dirawat itu bisa diambil orang. Maka kita pun harus memperlakukan buku dengan seperti itu,” ungkap Najwa disambut riuh suara peserta Millenial Movement.

Dia pun menjelaskan, terkait tiga isu penting di atas perlu menjadi perhatian generasi milenial. Najwa menilai, isu korupsi semakin hari terasa semakin umum. Kondisi ini bisa menjadi sangat berbahaya, karena korupsi menjadi isu yang terlalu sering.

“Ketika anak muda melihat korupsi adalah hal yang biasa, dan tidak apa-apa, apalagi ratusan pejabat terkena, sudah masuk penjara pun tetap bisa hidup mewah, itu kondisi berbahaya,” kata Najwa.

Dia juga menilai, kondisi toleransi di Indonesia semakin memprihatinkan seiring dengan banyaknya riset yang menyebut soal radikalisme telah menjangkit dari tingkat guru sampai anak SD. Misalnya saja, anak-anak SD mudah percaya bahwa mereka tidak boleh bergaul dengan orang-orang yang berbeda agama.

“Anak-anak muda ini harus berani bersikap lewat proses yang matang, dan jangan mau dijadikan bala tantara, atau serdadu hanya untuk kelompok yang punya kepentingan tertentu. Kalian harus berani bersikap dan terlibat, bergabung lewat komunitas, lewat yayasan, dan banyak hal. Apalagi sekarang dengan teknologi semua dimungkinkan,” ungkap Najwa.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Maarif Institute, Abdullah Darraz mengatakan kegiatan Millenial Movement dengan hashtag #PercayaIndonesia ini sengaja mengambil momen Hari Pahlawan sebagai upaya melakukan refleksi, dan memotivasi pada pemuda di seluruh Indonesia.

“Tujuannya memang untuk lebih menghayati lebih dalam jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan dan menciptakan perdamaian bagi Indonesia dengan segenap jiwa dan raga,” terang Darraz.

Darraz yakin dengan mengusung hashtag #PercayaIndonesia dan #MeyakiniMenghargai, maka 100 orang peserta Millenial Movement mampu menghargai jasa pahlawan dan berupaya melanjutkan kerja para pahlawan.


“Ini upaya untuk memajukan perjualan dan mewujudkan perdamaian dunia,” terang Darraz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper