Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angka Pengangguran Riau 2018 Turun Tipis

Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat angka pengangguran di wilayah itu pada Agustus 2018 mengalami penurunan bila dibandingkan periode sama tahun lalu.
Kantor Gubernur Riau/Istimewa
Kantor Gubernur Riau/Istimewa
Bisnis.com, PEKANBARU -- Badan Pusat Statistik Provinsi Riau mencatat angka pengangguran di wilayah itu pada Agustus 2018 mengalami penurunan bila dibandingkan periode sama tahun lalu.
 
Kepala BPS Riau Aden Gultom mengatakan angka tingkat pengangguran terbuka atau TPT Provinsi Riau Agustus 2018 mencapai 6,20% atau turun dari posisi 6,22% pada periode sama tahun lalu.
 
"Angka pengangguran Riau TPT turun menjadi 6,20% dari sebelumnya 6,22% periode sama tahun lalu, namun secara jumlah mengalami kenaikan sebanyak 8.240 orang," katanya Senin (5/11/2018).
 
Aden menjelaskan jumlah angkatan kerja di Provinsi Riau pada Agustus 2018 sebanyak 3,11 juta orang, atau naik 0,14 juta dibandingkan Agustus tahun lalu. Sejalan dengan itu, tingkat partisipasi angkatan kerja juga naik sebesar 1,23 poin menjadi 65,23.
 
Bila dilihat dari tingkat pendidikan, TPT atau pengangguran paling tinggi didominasi dari tingkat pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan angka pengangguran sebesar 10,66%.
 
Sementara itu jumlah penduduk yang bekerja di Provinsi Riau yaitu sebanyak 2,92 juta orang, atau bertambah 134.000 ribu orang dibandingkan periode sama tahun lalu.
 
Lapangan kerja yang mengalami peningkatan persentase penduduk bekerja yaitu bidang penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 1,00 poin, jasa pendidikan 0,32 poin, dan industri pengolahan 0,31 poin.
 
"Sedangkan lapangan kerja yang turun yaitu pertanian 0,87 poin , perdagangan 0,64, dan administrasi pemerintahan 0,05 poin," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper