Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin Meningkat, Prabowo-Sandi Turun

Elektabilitas pasangan Joko Widodo dan KH Maruf Amin mengalami peningkatan 0,5% dibandingkan dengan hasil survei Agustus lalu.
Joko Widodo dan Prabowo Subianto/Bisnis
Joko Widodo dan Prabowo Subianto/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Elektabilitas pasangan Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin mengalami peningkatan 0,5% dibandingkan dengan hasil survei Agustus lalu.

Berdasarkan hasil survei yang dirilis Alvara Research Center, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin pada Oktober mencapai 54,1%, naik  0,5% dibandingkan dengan Agustus 2018.

"Sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebesar 33,9% yang justru menurun 1,3% dibanding Agustus 2018, sementara undecided voters menjadi 12%," ujar Hasanuddin Ali dalam rilis survei Alvara di Jakarta, Selasa (6/11/2018).

CEO dan Pendiri Alvara Reserach Center Hasanuddin Ali lebih lanjut menjelaskan , pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul di beberapa pulau besar. Pasangan tersebut hanya kalah dari lawannya di Pulau Sumatra.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul di pulau Jawa dengan 59,1% dibandingkan dengan pasangan Prabowo-Sandi 29,2%. Di Bali dan Nusa Tenggara pasangan Jokowi-Maruf unggul 57% sedangkan Prabowo-Sandi 39%.

Untuk Pulau Kalimantan Jokowi-Maruf unggul 50,9% dibandingkan dengan Prabowo-Sandi dengan dukungan 43,6%.

"Di Papua Jokowi-Maruf unggul 77,8% dibanding Prabowo-Sandi 20%. Sedangkan di Sulawesi Jokowi-Maruf unggul dengan 49,1% dibanding Prabowo-Sandi dengan 30%," terang Hasan.

Sementara itu, di Pulau Sumatra, pasangan Prabowo-Sandi unggul dengan 44,6% dibanding pasangan Jokowi-Maruf dengan 40%.

Sebelumnya Alvara Research Center menggelar survei nasional pada 8-22 Oktober 2018.

Riset ini menggunakan metode multi-stage random sampling dengan melakukan wawancara terhadap 1.781 responden. Rentang margin of error sebesar 2,37% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper