Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ayatollah Khamenei : Dunia Menentang Trump

Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyatakan kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump ditentang seluruh dunia setelah Washington menyiapkan pengenaan kembali sanksi atas ekspor minyak dan sektor keuangan yang vital bagi Iran.
Ayatollah Ali Khamenei./REUTERS
Ayatollah Ali Khamenei./REUTERS
Bisnis.com, JAKARTA -- Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyatakan kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump ditentang seluruh dunia setelah Washington menyiapkan pengenaan kembali sanksi atas ekspor minyak dan sektor keuangan yang vital bagi Iran.  
Khamenei, tulis Reuters, juga mengatakan musuh besar Iran, AS, telah gagal menegaskan kembali dominasinya terhadap Iran sejak Revolusi Islam 1979 yang menggulingkan Shah yang dibekingi AS. 
 
“Dunia menentang setiap keputusan yang dibuat Trump," kata Khamenei seperti dilansir Reuters, Sabtu (3/11/2018). 
 
"Tujuan Amerika adalah membangun kembali dominasi yang mereka punya [sebelum 1979], tetapi itu gagal. Amerika telah dikalahkan oleh Republik Islam dalam 40 tahun terakhir."
 
Washington pada Senin (5/11/2018) akan mengenalkan kembali sanksi luas atas penjualan minyak Iran yang vital dan sektor perbankan untuk memaksa Republik Islam itu bernegosiasi membatalkan program energi nuklir dan rudal balistik serta mengakhiri dukungan proksinya atas konflik di Timur Tengah.
 
Pemerintahan Trump kemarin mengatakan delapan negara importir untuk sementara akan diperbolehkan tetap membeli minyak Iran ketika sanksi diterapkan. Iran merupakan eksportir minyak terbesar ketiga di dunia.  
 
Jenderal Qassem Soleimani, Komandan pasukan elite Garda Revolusi Iran, Pasukan Guds yang menjalankan operasi luar negeri, merespons kicauan Trump kemarin yang terinspirasi Game of Thrones yang mengingatkan 'Sanctions are Coming
 
"Saya akan berdiri melawan Anda," kata Soleimani dalam Instagram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper