Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Jabar Revitalisasi Situs Gunung Padang Tahun Depan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan akan melakukan penataan kawasan wisata situs megalitikum Gunung Padang, Cianjur.
Situs Gunung Padang/wikipedia
Situs Gunung Padang/wikipedia

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan akan melakukan penataan kawasan wisata situs megalitikum Gunung Padang, Cianjur.
 
Penataan ini merupakan bagian dari visi Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, menjadikan Jawa Barat (Jabar) sebagai provinsi wisata. Ada tiga strategi yang akan diterapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

“Pertama, pariwisata tipe satu dengan memperbaiki akses. Contohnya, Tebing Keraton [di Bandung Barat] tempat bagus, aksesnya jelek,” ujarnya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (1/11/2018).
 
Untuk Gunung Padang, yang ukurannya diduga lebih besar dari Candi Borobudur, akan diterapkan tipe dua pembenahan pariwisata. Pemprov Jabar bakal membuat destinasi unik yang saat ini terbengkalai dan tidak tertata mendapat sentuhan profesional.  

Pembenahan Gunung Padang masuk dalam rencana anggaran 2019 bersama pembenahan Kalimalang, Bekasi; Waduk Darma, Kuningan; Situ Ciburuy, Bandung Barat; dan Situ Bagendit, Garut.

“Selain itu, ada pembenahan Gedung Sate itu sendiri,” lanjut Emil.
 
Dia mengeluhkan kondisi situs Gunung Padang mulai kotor dan banyak Pedagang Kaki Lima (PKL). Kehadiran PKL pun dinilai mengintervensi area sakral Gunung Padang yang mestinya bersih.

Untuk itu, PKL dinilai mesti diatur lewat panduan penataan. 
 
“Saya khawatir kalau dibiarkan berlarut-larut, potensi situs megalitikum dunia ini akan tercemari oleh perilaku komersial dan wisatawan yang tidak semestinya. Jadi diagendakan pada 2019, mudah-mudahan pada akhir 2019, kita ke sana melihat [situs tersebut] lebih bermartabat dan profesional,” terang Emil.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper