Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fahri Hamzah Pastikan Kinerja DPR Tak Terganggu Kasus Taufik

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengataan kinerja lembaga yang dipimpinnya tidak akan terganggu meski Waki Ketua DPR Taufik Kurniawan ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka dalam dugaan kasus suap.
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah/ANTARA-Aprillio Akbar
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah/ANTARA-Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA—Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengataan kinerja lembaga yang dipimpinnya tidak akan terganggu meski Waki Ketua DPR Taufik Kurniawan ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka dalam dugaan kasus suap.

Menurut Fahri, meski berstatus tersangka, Taufik masih tetap menjadi pimpinan DPR. Untuk itu, dia meminta semua pihak untuk tetap berpegang pada prinsip praduga tidak bersalah sampai satus hukumnya ditetapkan oleh pengadilan sehingga berkekuatan hukum tetap.

“Tidak masalah dengan kinerja DPR karena ada enam pimpinan meski sebagian imunitasnya berkurang,” ujarnya. Fahri menambahkan hanya dua dari pimpinan yang ada saat ini yang tidak mencalonkan diri kembali sebagai anggota DPR, yakni dirinya dan Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. 

Fahri menjelaskan bahwa Taufik masih bisa mengambil langkah hukum sehingga pimpinan lainnya juga menunggu keputusan hukum yang dihadapi pimpinan DPR tersebut. 

“Kami akan menunggu pemberitahuan resmi soal status beliau. Akan tetapi, kami pimpinan akan melakukan rapat pimpinan besok pada paripurna terakhir. Rapat itu bertujuan untuk mengambil langkah yang diperlukan terkait perkembangan terbaru tersebut.

“Sebelum rapim kami akan bertemu dulu dengan pak Taufik untuk mendengarkan apa yang akan beliau lakukan karena beliau tetap jadi pimpinan DPR meski berstatus tersangka."

Sedangkan terkait mekanisme pergantian pimpinan DPR, Fahri lebih jauh mengatakan bahwa selain meningal dunia, pimpinan DPR juga bisa diganti kalau ada penugasan baru dari Negara.

"Selain itu juga kalau pimpinan bersatus terdakwa atau mengundurkan diri maka pimpinan akan diganti, katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper