Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Remigo Yolando Berutu Resmi Menjabat Sekjen Apkasi

Remigo Yolando Berutu resmi menjabat Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Sekjen Apkasi).
Sertijab Sekjen Apkasi di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu malam (27/10/2018). Nurdin Abdullah (kanan), Remigo Yolanda Berutu (tengah) disaksikan Ketua Umum Apkasi, Mardani H. Maming (kiri).
Sertijab Sekjen Apkasi di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu malam (27/10/2018). Nurdin Abdullah (kanan), Remigo Yolanda Berutu (tengah) disaksikan Ketua Umum Apkasi, Mardani H. Maming (kiri).

Bisnis.com, JAKARTA – Remigo Yolando Berutu resmi menjabat Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Sekjen Apkasi) menggantikan Nurdin Abdullah, yang kini menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan.

Remigo Yolando Berutu sebelumnya menjabat sebagai Bupati Pakpak Bharat. Remigo mengatakan, atas amanat jabatan tersebut meminta kesediaan Sekjen Apkasi sebelumnya, yakni Nurdin Abdullah untuk memberikan arahan.

“Agar bisa membawa asosiasi lebih baik dan dinamis kedepan, mendorong Bapak Nurdin Abdullah untuk memberikan arahan dan bimbingan untuk jajaran dewan pengurus harian dengan wawasan dan pengalaman yang dia miliki untuk menghadapi berbagai tantangan kedepannya,” ujarnya dalam penjelasan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (28/10/2018).

Penyerahan jabatan tersebut diberikan dengan tujuan menjaga keberlangsungan organisasi, karena Nurdin Abdullah kini menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan.

Sertijab diselenggarakan di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Sabtu malam (27/10/2018). Acara ini diiringi kegiatan ramah tamah Gubernur Sulawesi Selatan dengan Dewan Pengurus Apkasi.

Ketua Umum Apkasi, Mardani H. Maming bersama pengurus harian lainnya juga menghadiri acara tersebut. Rangkaian acara diawali dengan penandatanganan berita acara, dilanjutkan dengan penyematan pin emas sebagai simbolisasi ucapan terima kasih oleh Ketua Umum Apkasi kepada Gubernur Sulawesi Selatan atas kontribusnya kepada Apkasi.

Acara tersebut juga diselingi dengan penyerahan bantuan kemanusiaan yang bersumber dari Apkasi untuk korban bencana alam di Palu, Donggala dan Sigi secara simbolis dari Ketum Apkasi kepada Koordinator Posko Apkasi, berupa uang tunai sejumlah Rp.471.367.600.

Nurdin Abdullah yang kini menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan, resmi melepaskan jabatan sebelumnya sebagai Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Sekjen Apkasi) pada Sabtu malam (27/10/2018).

Jabatan Sekjen Apkasi dialihkan kepada Remigo Yolanda Berutu, yang sebelumnya menjabat sebagai Bupati Pakpak Bharat.

Nurdin dalam sambutannya menuturkan, Apkasi harus segera menyiapkan pergantian Ketua Umum, selain pergantian Sekjen. "Selamat untuk [Sekjen] baru, kedepannya diperlukan kerja keras untuk mempersiapkan pengganti ketua umum [Apkasi]," ujarnya dalam penjelasan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (28/10/2018).

Nurdin juga mengapresiasi atas kinerja kepemimpinan Ketua Umum Apkasi, Mardani H. Maming. "Periode ini dijalankan [Apkasi] dengan maksimal, sehingga memperoleh citra yang baik. Hal tersebut dibuktikan dengan, hampir semua kelembagaan pemerintah melakukan kerja sama secara berkelanjutan, dan sulit untuk mendapatkan pemimpin seperti dia, tegas dan rela berkorban."

Pemilukada 2018 silam, 171 daerah memiliki kepala daerah baru. Oleh sebab itu, berdampak kepada struktural Apkasi setelah Nurdin Abdullah terpilih menjadi Gubernur Sulawesi Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper