Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Sebut Politikus Sontoloyo, Mendagri Merasa Diingatkan Presiden

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo merasa diingatkan Presiden Jokowi dengan pernyataannya soal politikus sontoloyo.
Mendagri Tjahjo Kumolo/JIBI/BISNIS/Rahmad fauzan
Mendagri Tjahjo Kumolo/JIBI/BISNIS/Rahmad fauzan

Bisnis.com, JAKARTA -  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo merasa diingatkan Presiden Jokowi dengan pernyataannya soal politikus sontoloyo.

Menurut Mendagri, pernyataan Presiden Jokowi yang menyebut banyak politikus sontoloyo merupakan teguran untuk dirinya.

"Intinya beliau sebagai presiden mengingatkan kepada saya bahwa sebagai politisi yang sekarang sebagai Mendagri, pembantu presiden, ya harus santun," kata Tjahjo di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Tjahjo mengatakan, santun yang dimaksud adalah tidak boleh menyampaikan berita bohong dan bisa mempertanggungjawabkan ucapannya dalam menyampaikan berita. "Gitu saja. Itu buat saya," kata dia.

Jokowi sebelumnya meminta masyarakat untuk berhati-hati pada para politikus yang masuk dalam kategori sontoloyo. Sebelum melontarkan pernyataan itu, Jokowi menjelaskan alasan pemerintah berencana mencairkan dana kelurahan tahun depan. Namun rencana ini oleh sejumlah pihak terutama kubu oposisi dinilai politis.

Padahal, kata Jokowi, dana kelurahan ini ditujukan untuk kepentingan masyarakat di perkotaan setelah ada dana desa bagi penduduk pedesaan. Masyarakat bisa menggunakan dana kelurahan ini untuk memperbaiki jalan atau saluran air.

Jokowi menuturkan di Indonesia segala hal selalu dikaitkan dengan politik. Menurut dia, banyak aspek yang sama pentingnya ketimbang politik seperti isu sosial, budaya, dan ekonomi. "Kenapa semua dihubungkan dengan politik. Itulah kepandaian politikus untuk mempengaruhi masyarakat," katanya.

Agar terhindar dari tipu daya politikus sontoloyo ini, Jokowi menyarankan agar warga memperhatikan betul mana politikus yang baik dan yang tidak. "Jangan sampai dibawa oleh politikus-politikus hanya untuk kepentingan sesaat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Saeno
Sumber : TEMPO.CO
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper