Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erdogan dan Trump Bahas Pembunuhan Jamal Khashoggi Lewat Telepon

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden AS Dnald Trump telah mengadakan percakapan telepon mengenai terbunuhnya wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi, kata Kantor Pers Presiden Turki pada Senin (22/10/2018) pagi.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Reuters
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden AS Dnald Trump telah mengadakan percakapan telepon mengenai terbunuhnya wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi, kata Kantor Pers Presiden Turki pada Senin (22/10/2018) pagi.

Menurut satu pernyataan oleh Kantor Pers Presiden, sebagaimana dikutip kantor berita Anadolu --yang dipantau di Jakarta, Senin (22/10/2018)  pagi, Erdogan dan Trump sepakat bahwa diperlukan penjelasan dalam segala aspek mengenai kasus Khashoggi.

Khashoggi terakhir kali terlihat pada 2 Oktober, ketika ia memasuki Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Setelah berhari-hari membantah Arab Saudi mengetahui keberadaan Khashoggi, Riyad pada Sabtu (20/10/2018) menyatakan Khashoggi meninggal dalam perkelahian di dalam Konsulat.

Pada hari hilangnya Khashoggi, 15 lagi warga negara Arab Saudi --termasuk para pejabat-- tiba di Istanbul dengan naik dua pesawat dan mengunjungi Konsulat saat wartawan itu berada di dalamnya, kata beberapa sumber polisi Turki. Semua orang yang diidentifikasi tersebut sejak itu telah meninggalkan Turki.

Satu tim gabungan Turki-Arab Saudi menyelesaikan penyelidikan mengenai kasus tersebut pada Kamis, setelah menggeledah kediaman konsul jenderal serta Konsulat Arab Saudi di Istanbul.

Presiden Erdogan pada Minggu (21/10/2018) pagi mengatakan ia akan mengeluarkan satu pernyataan pada Selasa (23/10/2018) mengenai terbunuhnya wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi, selama pertemuan kelompok partainya di parlemen.

Sumber itu juga mengatakan kedua pemimpin tersebut mengadakan percakapan termasuk kasus pastur Andrew Brunson, kerja sama dalam memerangi terorisme dan peta jalan mengenai Manbij, Suriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper