Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalah di Wenworth, Pemerintah Australia Kehilangan Suara Mayoritas di Parlemen

Pemerintah Australia kehilangan suara mayoritas di parlemen setelah dikalahkan dalam pemilihan khusus di Sydney, Sabtu (20/10/2018).
Perdana Menteri Australia Scott Morrison: Di jalur kehilangan kekuasaan/Reuters-David Gray
Perdana Menteri Australia Scott Morrison: Di jalur kehilangan kekuasaan/Reuters-David Gray

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah Australia kehilangan mayoritas suara di parlemen setelah dikalahkan dalam pemilihan khusus di Sydney, Sabtu (20/10/2018).

Partai Liberal yang berkuasa di Australia kini bergantung pada dukungan anggota partai kecil di parlemen untuk tetap berkuasa.

Kandidat independen Kerryn Phelps mengklaim kemenangan di pemilihan Wentworth dengan lebih dari 30% suara dihitung.

Goncangan besar terhadap partai Liberal adalah pukulan bagi Perdana Menteri Scott Morrison, dan melemahkan pemerintahannya sebelum pemilihan nasional pada Mei tahun depan.

Jajak pendapat menunjukkan Morrison berada pada jalur untuk kehilangan kekuasaan.

Dengan dua bulan masa kepemimpinannya, perdana menteri telah memperingatkan kehilangan Wentworth akan menyebabkan "ketidakstabilan yang tidak perlu" dengan menghapus satu kursi mayoritas pemerintah

"Saya tahu ini adalah hari yang berat, tetapi kepemimpinan mengharuskan Anda untuk muncul di hari-hari yang berat dan hari-hari yang baik, dan itulah yang akan selalu Anda dapatkan dari saya, ” kata Morrison ketika Dave Sharma mengakui kekalahannya dari Phelps, dikutip dari laman bloomberg, Sabtu (20/10/2018).

Sementara itu, anggota parlemen dari partai kecil mulai menyatakan bahwa mereka tidak akan mendukung segala bentuk ketidakpercayaan dalam pemerintah yang akan mendorong pemilihan awal.

Hasil itu menunjukkan kekecewaan pemilih atas pertikaian dalam pemerintahan Liberal-Nasional yang berkuasa. Kisruh internal itu menyebabkan kelumpuhan kebijakan di bidang-bidang utama, termasuk keamanan energi dan dalam menanggulangi perubahan iklim.

Padahal, partai liberal dan para pendahulunya tidak pernah kehilangan kursi Wentworth di Sydney kota masyarakat terdidik sejak dibentuk pada 1901. 

Kemenangan dicapai dengan margin 17,7% di bawah mantan perdana menteri Malcolm Turnbull, yang mengundurkan diri dari parlemen setelah ia digulingkan dari kursi kepemimpinan. 

Phelps, mantan pemimpin badan profesional medis tertinggi negara itu, juga mengatakan tidak akan mendukung ketidakpercayaan dalam pemerintah.

"Hanya beberapa minggu yang lalu saya diberitahu bahwa ini adalah tugas yang tidak mungkin dan jika kami benar-benar berhasil memenangkan kursi Wentworth, itu akan menjadi keajaiban. Orang-orang khawatir atas arah pemerintahan untuk waktu yang sangat lama," kata Phelps dalam pidato kemenangannya. 

Dikutip dari Wikipedia, Wentworth adalah divisi elektoral Australia di negara bagian New South Wales. Wemworth merupakan salah satu dari 65 divisi asli yang diperebutkan pada pemilihan federal pertama .

Wentworth adalah divisi elektoral geografis terkecil kedua di Parlemen dengan luas hanya 38 kilometer persegi (15 mil persegi), 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Richard
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper