Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paris Membekukan Kunjungan Politik ke Arab Saudi

Prancis telah membekukan beberapa kunjungan politik ke Arab Saudi sehubungan dengan kasus hilangnya wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi.
Arsip Foto. Presiden Prancis Emmanuel Macron mengangkat tangan di depan anjingnya Nemo disela rapat dengan Wakil Kanselir dan Menteri Luar Negeri Jerman di Istana Elysee, Paris, Prancis, Rabu (30/8/2017)./Reuters
Arsip Foto. Presiden Prancis Emmanuel Macron mengangkat tangan di depan anjingnya Nemo disela rapat dengan Wakil Kanselir dan Menteri Luar Negeri Jerman di Istana Elysee, Paris, Prancis, Rabu (30/8/2017)./Reuters

Bisnis.com, PARIS – Prancis telah membekukan beberapa kunjungan politik ke Arab Saudi sehubungan dengan kasus hilangnya wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi, kata presiden Prancis baru-baru ini.

Ketika berbicara dalam satu taklimat di Brussels, Emmanuel Macron mengatakan penjelasan mengenai hilangnya Khashoggi diperlukan, dan menyatakan informasi yang diterima sejauh ini "sangat serius dan mengkhawatirkan".

Ia mengatakan keputusan tersebut dibuat melalui koordinasi dengan negara lain Eropa, termasuk Inggris, Jerman dan Belanda.

Sebagian bagian dari keputusan itu, Macron mengatakan satu perjalanan yang direncanakan oleh Menteri Keuangan Bruno Le Maire ke Ibu Kota Arab Saudi, Riyadh, untuk menghadiri konferensi ekonomi telah dibatalkan.

Ketika menjawab pertanyaan mengenai hubungan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman, Macron mengatakan hubungan bilateral antara kedua negara akan berlanjut, demikian laporan kantor berita Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu pagi.

Khashoggi telah hilang sejak 2 Oktober, ketika ia memasuki Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Pada hari hilangnya Khashoggi, 15 lagi warga neara Arab Saudi --termasuk beberapa pejabat-- tiba di Istanbul dengan naik dua pesawat dan mengunjungi Konsulat itu saat Khashoggi masih berada di dalamnya, kata beberapa sumber polisi Turki. Semua orang yang diidentifikasi tersebut telah meninggalkan Turki sejak itu.

Pada Rabu, satuan penyelidik lokasi kejadian tiba di kediaman resmi Konsul Jenderal Arab Saudi Mohammad Al-Otaibi sekitar pukul 16.40 waktu setempat (20.40 WIB). Al-Otaibi telah meninggalkan Turki menuju Riyadh pada Selasa.

Para pejabat dari tima gabungan Turki-Arab Saudi menyelesaikan penyelidikan mengenai kasus tersebut pada Kamis pagi, setelah menggeledah kediaman serta Konsulat Arab Saudi di Istanbul.

Pada Jumat, seorang komentator politik dan sivitas akadeika terkenal yang berpusat di Inggris mengatakan masyarakat internasional mesti menjatuhkan sanksi diplomatik atas Arab Saudi sehubungan dengan dugaan pembunuhan Khashoggi.

Dr. Daud Abdullah --yang juga adalah Direktur Pemantau Timur Tengah di London-- mengatakan, "Ada masalah pertanggung-jawaban pidana bagi mereka yang memerintahkan itu (dugaan pembunuhan Khashoggi) dan bagi mereka yang melakukannya." Ketika berbicara dengan saluran barita Sky News, Abdullah membuat persamaan antara dugaan pembunuhan di Konsulat Arab Saudi di Istanbul tersebut dengan serangan zat syaraf di Salisbury, Inggris.

"Juga ada keperluan bagi sanksi diplomatik seperti yang kiga lihat dijatuhkan atas Rusia dalam urusan Salisbury," kata Abdullah.

"Tak bisa diterima bahwa kita melakukan ini kepada Rusia setelah tindakan meracuni di Salisbury, pelanggaran atas kedaulatan Inggris," katanya.

Serangan zat syaraf Salisbury ditujukan kepada mantan mata-mata Rusia Sergei Skripal dan putrinya Yulia Skripal pada awal tahun ini.

Abdullah mengatakan ia terakhir kali bertemu dengan Khashoggi dalam satu konferensi pada September di London, dan menambahkan tindakan wartawan itu untuk mengasingkan diri membuktikan kekhawatirannya kepada Pemerintah Arab Saudi sebab ia adalah pengeritik terbuka Pemerintah Arab Saudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper