Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Arab Konfirmasi Khashoggi Meninggal di Tangan Agen

Pemerintah Arab dalam pernyataan Sabtu (20/10/2018) mengonfirmasi bahwa wartawan Jamal Kashoggi meninggal dunia.
Jamal Khashoggi/reuters
Jamal Khashoggi/reuters

Bisnis.com, SURABAYA – Pemerintah Arab dalam pernyataan Sabtu (20/10/2018) mengonfirmasi bahwa wartawan Jamal Kashoggi meninggal dunia.

Laporan CNBC yang dipantau Sabtu pagi menjelaskan otoritas Arab Saudi (general presecutor) mengatakan jurnalis perang tersebut meninggal dalam baku hantam dengan sejumlah orang yang ditemui di konsulat Arab di Istanbul, Turki. Kerajaan menduga Khashoggi meninggal dalam kejadian itu.

Penjelasan resmi tersebut bertentangan dengan sejumlah laporan tentang kasus ini. Otoritas di Turki menyebutkan ada bukti rekaman suara bahwa jurnalis kritis tersebut disiksa, dibunuh dan dimutilasi oleh tim agen dari Saudi.

Keterangan terbaru dari otoritas Arab juga bertentangan dengan pernyataan awal tatkala kasus ini menyedot perhatian publik. Pangeran Mohammed bin Salman mengutarakan ke Bloomberg bahwa sang jurnalis meninggalkan konsulat sesaat setelah tiba.

"Sepengetahuan saya dia masuk dan keluar beberapa menit atau jam. Saya tidak yakin. Kami akan investigasi melalui Kementerian Luar Negeri apa yang sebenarnya terjadi," jelasnya kepada Bloomberg.

Tatkala dikonfirmasi apakah Khashoggi tidak di dalam konsulat, pangeran mengatakan,"Ya, dia tidak di dalam."

Kerajaan dalam perkembangan kasus ini juga memecat Wakil Kepala Intelijen Jenderal Ahmad bin Hassan Asiri dan penasehat pengadilan Abdullah Al-Qahtani. Kerajaan juga menegaskan komitmen untuk mereformasi dan merestrukturisasi divisi intelijen di bawah pengawasan Pangeran Mohammed menuju aturan yang modern dan menggunakan kekuasaan secara tepat.

Rekaman yang beredar luas menunjukkan Khashoggi masuk konsulat Arab di Turki, 2 Oktober dan menghilang setelah itu. Rekaman suara kejadian di dalam konsulat diketahui dari rekaman di ponsel jurnalis yang titipkan ke pacarnya yang menunggu di luar gedung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : CNCB
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper