Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Umur 18 Tahun, Kalyana Anjani Wisudawati Termuda di ITB

Mahasiswa Program studi Manajemen di Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB), Kalyana Anjani Samardhya berusia 18 tahun 11 bulan menjadi wisudawati termuda pada wisuda pertama tahun akademik 2018/2019, Jumat (19/10/2018).
Institut Teknologi Bandung (ITB)./Istimewa
Institut Teknologi Bandung (ITB)./Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Mahasiswa Program studi Manajemen di Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB), Kalyana Anjani Samardhya berusia 18 tahun 11 bulan menjadi wisudawati termuda pada wisuda pertama tahun akademik 2018/2019, Jumat (19/10/2018).

Direktorat Humas dan Publikasi ITB dalam siaran pers di Bandung, Jumat (19/10/2018), menyebut gadis kelahiran Jakarta, 28 Oktober 1999 itu masuk di ITB pada 2015, dan mampu menyelesaikan masa studinya selama tiga tahun sesuai dengan kurikulum program studi manajemen.

Kalyana menceritakan sejak pertama kali masuk SD umurnya sangat muda yaitu empat tahun, namun Kalya tetap mampu mengikuti pelajaran di sekolah dan pada jenjang SMA.

Selanjutny,a mengambil program akselerasi yang makin mempercepat waktu untuk menempuh pendidikannya. Umur yang masih muda tidak membuatnya berleha-leha atau menunda untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, dan memilih ITB sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

 Baginya menjadi mahasiswa termuda di antara teman-temannya bukan hal yang mudah, terlebih kondisi perkuliahan ITB yang padat membuat banyak orang "culture shock" tidak terkecuali bagi Kalya.

 "Aku enggak pernah pulang ke rumah di atas pukul 18.00 waktu SMP dan SMA, tapi saat sudah menjadi mahasiswa ITB pulangnya bisa jam 22.00," ucapnya.

Bahkan, pernah sakit tifus harus diopname, dan bedrest selama sebulan, tapi terus memohon ke dokternya agar sebulan diopnamenya dan sisanya rawat jalan agar ikut ujian akhir semester.

ITB hanya mengizinkan mahasiswanya berkegiatan hingga jam 23.00 di kampus. Perjuangannya selama tiga tahun akhirnya membuahkan hasil yang manis. Dia dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar S.Mn yang disahkan pada 20 Oktober 2018.

Saat duduk di bangku perkuliahan, persoalan adaptasi seringkali menjadi hambatan baginya dan Kalyana merasa tidak percaya diri saat melihat teman di kampus lebih tua dari dirinya dan lebih pintar. Hingga terpikir jika umurnya yang terlalu muda menjadi kelemahan, namun seiring berjalannya waktu ia mulai bisa beradaptasi dan umur bukan menjadi penghalang untuk terus mengejar mimpi.

"Serap semua, filter yang butuh. Kalau ada yang ngasih saran atau opini ambil aja dulu, siapa tahu bisa berguna bagi ke depannya kalo tidak ya sudah gak ada ruginya kok. Untuk mahasiswa yang terlalu muda seperti aku pakailah leap time kalian untuk belajar lebih banyak dan menjadi lebih baik," kata Kalyana.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper