Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Palestina Terpilih Jadi Ketua G-77 di PBB, AS dan Israel Berang

Palestina terpilih menjadi ketua kelompok 77 (G-77) negara berkembang di Perserikatan Bangsa-Bangsa sehingga dapat bertindak hampir seperti anggota tetap.
Bendera Palestina/aljazeera.net
Bendera Palestina/aljazeera.net

Bisnis.com, JAKARTA—Palestina terpilih menjadi ketua kelompok 77 (G-77) negara berkembang di Perserikatan Bangsa-Bangsa sehingga dapat bertindak hampir seperti anggota tetap.

Negara Timur Tengah itu terpilih melalui pemungutan suara di markas PBB dengan memenangkan 146 suara. Sementara itu, 15 negara abstain, tiga negara menolak.

Ketiga negara yang menolak pencalonan Palestina itu adalah Amerika Serikat, Israel, dan Australia.

"Kami menentang keras penunjukan Palestina sebagai ketua G-77 dan sebagaimana resolusi yang mengizinkannya. Hanya anggota tetap PBB yang dapat berbicara dan bertindak sebagai perwakilan kelompok di dalam PBB," kata Wakil Duta Besar AS untuk PBB, Jonathan Cohen sebagaimana dikutip Reuters, Rabu (17/10/2018). 

Selama ini, keanggotaan Palestina dalam tubuh PBB memang selalu menjadi masalah. Awalnya, status Palestina adalah negara pemantau dalam PBB. 

Pada 2012, Majelis Umum PBB meloloskan pengakuan defacto Palestina sebagai negara berdaulat sehingga statusnya dinaikkan menjadi negara bukan anggota, seperti Vatikan.

Dengan status tersebut, Palestina dapat mengikuti sejumlah pemungutan suara Majelis Umum dan bergabung dalam beberapa badan internasional.

Namun, sebagai negara bukan anggota, Palestina tidak dapat berbicara di dalam sebuah rapat sebelum semua anggota selesai menyampaikan pendapatnya.

"Kami tak dapat mendukung upaya Palestina untuk menaikkan status mereka di luar negosiasi langsung. Amerika Serikat tak mengakui Palestina sebagai negara," uja Cohen.

Selama ini, Palestina bertekad mendirikan negara berdaulat di Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Yerusalem Timur. Israel merebut wilayah itu dalam perang Timur Tengah pada 1967, tapi pencaplokan itu tak diakui masyarakat internasional.

Kini, sebagai ketua G-77, Palestina dapat bertindak layaknya negara anggota PBB ketika mewakili kelompok itu dalam berbagai kesempatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper