Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Gadungan Muncul Lagi, Kali ini Bermodal Mobil & Seragam

Polda Metro Jaya kembali menangkap "polisi gadungan" pada Senin (15/10/2018).
Polisi Gadungan/Bisnis.com-Aziz Rahardyan
Polisi Gadungan/Bisnis.com-Aziz Rahardyan

Bisnis.com, JAKARTA — Polda Metro Jaya kembali menangkap "polisi gadungan" pada Senin (15/10/2018).

Kali ini pihak kepolisian berhasil membongkar penipuan Albert atau berinisial ARP, yang mengaku sebagai Staf Pribadi Pimpinan (Spripim) Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

ARP berhasil menipu bermodalkan seragam Spripim berpangkat Kompol dan mobil Fortuner dengan plat dinas polisi palsu bernomor 03-00.

"Yang bersangkutan membeli baju [seragam Spripim] di Mangga Dua, kemudian menggunakan mobil yang diseting mirip mobil kepolisian dengan plat nomor palsu yang dibuat di Roxy," ungkap Kombes Pol Argo Yuwono, Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Dengan modal tersebut, ARP berhasil memasuki Polres Kab. Bekasi pada Sabtu (13/10/2018). Kemudian menjanjikan salah seorang keluarga tersangka kasus narkoba agar perkaranya diurus olehnya dengan biaya Rp 5 juta.

Polisi telah mengamankan barang bukti berupa mobil Fortuner dengan plat nomor dinas polisi palsu, seragam pakaian dinas lengkap dengan pangkat Kompol, baret Polri, kaos Polri, dua pasang plat nomor kendaraan asli, KTP, dompet, serta ATM pelaku.

Pelaku akan dikenakan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara.

Sebelumnya, seorang pelaku penipuan bermodus "polisi gadungan" berinisial RH pun berhasil diringkus. RH berhasil membawa lari uang sebesar Rp 1 miliar milik seorang pengusaha hanya dengan modal berfoto bersama Kapolri.

"Jadi himbauan untuk masyarakat. Hati-hati jangan sampai terjadi penipuan [lagi] yang mengatasnamakan kepolisian, terutama [yang mencatut] bapak Kapolri," tambah Argo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper