Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ganjar Pranowo Usulkan Arisan Pulihkan Palu

Mungkin satu kabupaten mau bantu 50 atau 100 rumah, satu provinsi mau bantu 200 rumah dengan penggunaan berapa tahun anggaran. Negara pasti juga tidak akan mampu bisa selesaikan.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menengok korban gempa Sulteng .
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menengok korban gempa Sulteng .

Bisnis.com, PALU – Tiba di Palu Sulawesi Tengah, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku tidak mampu banyak berkata melihat langsung kondisi terkini. Dia hanya mengajak seluruh komponen bangsa bersatu untuk membantu, salah satunya dengan pola arisan.

Ganjar yang tiba di Palu Senin (15/10) pukul 07.05 Wita langsung bergerak dari bandara Mutiara SIS Aljifri menuju pos pengungsian di Desa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi yang menampung 1000 jiwa. Dia didampingi kepala BPBD Jateng Sarwa Pramana dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo.

Singgah beberapa saat, Ganjar berlanjut ke sekolah darurat SD inpres Jono Oge, yang hari ini mulai aktif kegiatan belajar mengajar dengan segala keterbatasan. Sebelum diguncang gempa, sekolah ini riuh dengan 262 siswa.

Selepas itu, Ganjar menuju pengungsian pos 5 desa Lolu. 978 jiwa bernaung di situ. Lebih dari 4.000 rumah hancur di desa itu. Air bersih, pakaian, alat tulis, alat olahraga, obat-obatan dan hunian menjadi hal yang paling dibutuhkan korban. "Dan juga semangat hidup," kata Aping, salah satu koordinator posko pengungsian.

Bantuan kepada korban gempa dan tsunami memang terus berdatangan dari berbagai daerah. Pemprov Jateng salah satunya yang telah mengirim bantuan lebih dari Rp2 miliar. Juga telah mengirimkan 160 relawan yang telah bertahan di sana selama 10 hari. Sementara kerugian ekonomi bencana tersebut lebih dari Rp10 triliun.

"Ini temen-temen dari Jawa Tengah membuat kampung Jateng, membuat Huntara. Saya lihat tadi dari ada anak-anak dari UGM Kagama Undip PMI, banyak dari masyarakat Jawa Tengah di sini. Saya lihat sendiri mereka bekerja dan hari ini kita lihat kondisi seperti ini tidak bisa berkata-kata, hanya satu saja, mari kita bersatu kita bantu," kata Ganjar dalam keterangan resminya

Karena parahnya kondisi daerah terdampak gempa dan tsunami saat ini, untuk memulihkan keadaan, menurut Ganjar tidak mungkin hanya dilakukan pemerintah daerah setempat ataut pemerintah pusat. Harus ada skema baru dalam penanganan kebencanaan yang skalanya besar seperti di Sulteng ini.

"Ada baik juga pada pak Presiden atau Pak Mendagri, agar setiap kabupaten bisa membantu setiap provinsi bisa membantu berapapun apapun. Syukur-syukur jika problemnya adalah perumahan maka relokasi tetapkan berapa rumah akan dibangun, jadi kita arisan. Jadi ada anggaran negara yang kita pakai untuk gotong royong," kata Ganjar.

Untuk konsep arisan tersebut, Ganjar memberi gambaran, mungkin satu kabupaten mau bantu 50 atau 100 rumah, satu provinsi mau bantu 200 rumah dengan penggunaan berapa tahun anggaran. Karena menurut Ganjar negara pasti juga tidak akan mampu bisa selesaikan.

"Nah nanti yang fasilitas umumnya yang negara bisa ambil negara itu APBN. Kantor-kantor dan sebagainya. Tapi kalau rumah air bersih saya kira kabupaten kota provinsi bisa kita kerahkan," ujarnya.

Sebelumnya Ganjar menjelaskan konsep arisan penganggulangan bencana tersebut bisa menggunakan dana kontingensi. Untuk menyiasati keterbatasan dana tersebut, bisa dilakukan dalam beberapa tahun anggaran. Untuk Jawa Tengah sendiri saat ini memiliki dana kontingensi sebesar Rp5 miliar. Selain Palu, Pemprov Jateng juga telah mengirim bantuan sebesar Rp1 miliar saat bencana Lombok kemarin.

"Saya kira Memang belum pernah terjadi. Tapi jika diinstruksikan ini akan membantu rasa batin yang pasti sangat sedih luar biasa. Dan kita bisa tunjukkan dengan gotong royong negara mampu dengan anggaran yang dimiliki," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper