Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sinar Mas Land Gelar Lomba Baca Alquran Metode Mama Papa

Memahami kandungan makna Alquran menjadi bagian penting bagi Ummat Islam. Sementara itu, untuk memaknai ajaran Islam dengan baik mesti diawali dengan kemampuan membaca Alquran dengan baik pula.
Pemenang lomba baca Alquran metode Mama Papa berfoto bersama Saleh Husin (berpeci, kiri), Managing Director Sinar Mas yang juga Ketua Yayasan Muslim Sinar Mas./Istimewa
Pemenang lomba baca Alquran metode Mama Papa berfoto bersama Saleh Husin (berpeci, kiri), Managing Director Sinar Mas yang juga Ketua Yayasan Muslim Sinar Mas./Istimewa

Bisnis.com, TANGERANG -  Memahami kandungan makna Alquran menjadi bagian penting bagi Ummat Islam. 

Sementara itu, untuk memaknai ajaran Islam dengan baik mesti diawali dengan kemampuan membaca Alquran dengan baik pula.

“Pemaknaan nilai-nilai ajaran Islam yang tepat, moderat, toleran, juga demokratis hanya dapat diraih dengan terlebih dulu mampu membaca Alquran dengan baik. Dengan memulainya lebih dini, harapannya anak-anak kita akan mampu mengamalkannya dalam keseharian mereka dengan tepat,” ujar Saleh Husin, Managing Director Sinar Mas yang juga Ketua Yayasan Muslim Sinar Mas.

Hal itu disampaikan Saleh Husin saat hadir bersama Forum Masjid Mushola BSD City dan Yayasan Mama Papa dalam lomba baca Alquran di Sekolah Islam Cikal Harapan BSD City.

Acara tersebut sekaligus puncak acara dari program Berantas Buta Alquran atau BBQ, yang berlangsung sejak Mei 2018.

Menurut Saleh Husin, Sinar Mas tidak saja mengadakan rangkaian pelatihan serta perlombaan, melainkan juga mewakafkan mushaf Alquran secara berkala.

“Pada akhirnya, ketersediaan mushaf yang memadai di masyarakat adalah dasar dari upaya pemahaman nilai ajaran Islam itu sendiri. Di sini, kami mendukung langkah pemerintah memperluas ketersediaan Alquran di masyarakat,” ujar Saleh Husin.

Di lingkup Sinar Mas, ungkapnya, terdapat lebih dari 300 sarana peribadatan Islam seperti mesjid dan mushala.

“Sarana peribadatan ini adalah potensi yang sangat bernilai dalam penyebarluasan pendidikan nilai-nilai Islam yang damai, toleran dan demokratis,” urai Saleh Husin dalam keterangan tertulis, diterima Minggu (14/10/2018). 

Para peserta lomba baca Alquran adalah anak anak yang telah dapat membaca Alquran dengan metode Mama Papa.

Tak kurang dari 330 peserta terdiri atas anak laki-laki dan perempuan berusia 4-12 tahun turut berpartisipasi dalam lomba ini. Mereka terdaftar dalam program BBQ dari 50 masjid di sekitar BSD City tercatat.

Lomba dengan total hadiah Rp 30 juta itu dibagi ke dalam tiga kategori yakni:

  • kategori A untuk anak usia 4 – 7 tahun
  • kategori B untuk anak usia 8 – 10 tahun
  • kategori C untuk anak usia 11 – 12 tahun

Selain melatih anak-anak, program ini juga memberikan pelatihan kepada 250 ustad atau guru mengaji.

Program Berantas Buta Alquran atau BBQ merupakan kerja sama Sinar Mas Land, Forum Masjid Mushola BSD dan sekitarnya (FMMB) serta Yayasan Mama Papa.

Program BBQ memberikan Training of Trainer (TOT) kepada 5 (lima) ustad atau guru mengaji yang menjadi perwakilan masjid.

Setiap perwakilan masjid yang sudah mendapat training nantinya akan mengajarkan Program BBQ kepada jamaah masjid nya masing-masing.

Metode yang digunakan dalam program BBQ ini adalah metode Mama Papa yang dikembangkan oleh Ustad H. Muhammad Taslim.

TOT program BBQ dilakukan di beberapa mesjid di sekitar BSD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper