Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

299 Mahasiswa Ikut Wisuda ke-2 Universitas Surya

Sebanyak 299 mahasiswa menjalani wisuda ke 2 universitas Surya.

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 299 mahasiswa menjalani wisuda ke 2 universitas Surya.

Dari 299 mahasiswa itu, 87 diantaranya meraih prestasi cum laude.

Wisudawan terbaik pada wisuda tahun ini berasal dari Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Fisika (Physics Energy Engineering) atas nama Christopher yang menyelesaikan studi sarjananya dengan predikat Cum laude dalam waktu 3 tahun 5 bulan.

Pada tugas akhirnya, Christopher berhasil mengembangkan sistim pengendalian dan pemantauan rumah (smart home system) melalui Smartphone. Sistim ini pun didaftarkan paten oleh Christopher.

Apresiasi tinggi diberikan kepada tim “Surya Satellite-1 (SS-1)”, yang beberapa diantaranya adalah wisudawan pada tahun ini, yang melalui penelitian dan karyanya berupa nanosatelit yang bernama SS-1, telah terpilih sebagai satelit pertama karya universitas asal Indonesia yang akan diluncurkan ke ruang angkasa melalui United Nations Office for Outer Space Affairs (UNOOSA).

Satelit tersebut akan dilengkapi dengan “Automatic Package Reporting System (APRS)” yang dapat digunakan pada frekuensi saluran radio amatir. Dengan begitu, SS-1 dapat menyampaikan APRS hingga stasiun bawah tanah, dan lebih lanjut SS-1 akan didesain untuk dapat dijadikan sarana komunikasi dua arah untuk keperluan edukasi dan mitigasi bencana. 

Melalui sambutannya, Prof. Yohanes Surya, Ph.D, berpesan agar para wisudawan tetap memegang nilai-nilai kebhinekaan, jangan membeda-bedakan orang berdasarkan suku, agama, ras, dan berbagai hal yang menyebabkan terjadinya sekat-sekat yang bisa merusak persatuan.

 Nilai kebhinekaan inilah yang akan mempersatukan para wisudawan di tempat mereka berkarya. Ada suatu kebebasan yang wisudawan akan alami ketika mereka menanamkan nilai ini dalam hidup mereka. Para wisudawan akan terlepas dari belenggu primordialisme, dari belenggu egoisme yang hanya mau menang sendiri, dan belenggu pertengkaran

Lebih lanjut lagi, dalam laporannya, Dr. Eng. Niki Prastomo, selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, menyampaikan kebanggaannya serta rasa syukur atas prestasi para lulusan Universitas Surya karena tidak sedikit dari mereka mendapatkan prestasi akademik yang sangat memuaskan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper