Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suhu Memanas, Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Bandung dan Semarang

Mulai September sampai Oktober 2018, sejumlah titik di Indonesia akan mengalami Hari Tanpa Bayangan, kali ini Jawa Barat tepatnya Bandung mengalami 5 menit tanp bayangan, juga di Jawa Tengah, yakni di Semarang.

Bisnis.com, JAKARTA – Mulai September sampai Oktober 2018, sejumlah titik di Indonesia akan mengalami Hari Tanpa Bayangan, kali ini Jawa Barat tepatnya Bandung mengalami 5 menit tanp bayangan, juga di Jawa Tengah, yakni di Semarang.

Apa itu Hari Tanpa Bayangan? Dilansir dari situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kulminasi sebagai sebuah fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Kondisi ini tidak menandakan bayangan hilang sepenuhnya, sebaliknya, bayangan jatuh tepat berada di atas benda. Ada pun rata-rata paparan kulminasi ini berlangsung 3-5 menit dan muncul sekitar pukul 11.00 WIB.

Fenomena ini terjadi karena bidang ekuator bumi atau bidang rotasi bumi tidak tepat berimpit pada bidang revolusi bumi. Alhasil posisi matahari dari bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun antara 23,50LU s/d 23,50 LS, hal ini disebut sebagai gerak semu harian matahari.

Dilansir dari Instagram @humas_jabar hari ini, Kamis (11/10/2018),  Bandung kebagian Hari Tanpa Bayangan, pada unggahan tersebut, tertulis bahwa Bandung dan sekitarnya akan menjadi lebih panas karena matahari berada pada titik kulminasi. Hal ini tergolong peristiwa yang rutin dua kali dalam setahun, yakni Maret dan Oktober.

Secara otomatis kondisi ini membuat Bandung dan disekitarnya menjadi lebih panas. Masyarakat Jawa Barat diimbau menghindari paparan sinar matahari dan memperbanyak minum air putih.

Selain Bandung, daerah yang sudah mengalami hari tanpa bayangan adalah Serang, dan Jakarta. Selanjutnya adalah Semarang, Bandung. Pada 12 Oktober 2018 mendatang akan muncul hari tanpa bayangan di Surabaya. Pada 13 Oktober di Yogyakarta, lalu 15 Oktober 2018 di Denpasar dan Mataram, dan 20 Oktober 2018 di Kupang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper