Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maskapai Diminta Gratiskan Biaya Kargo untuk Korban Bencana Palu

Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta maskapai penerbangan menggratiskan biaya pengiriman bantuan bagi korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi, Sulawesi Tengah.
Pesawat kargo/Ilustrasi
Pesawat kargo/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta maskapai penerbangan menggratiskan biaya pengiriman bantuan bagi korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi di Sulawesi Tengah.

"Kalau dunia saja menunjukan rasa solidaritasnya, seharusnya kita juga menunjukan hal yang serupa. Saya mengimbau maskapai penerbangan juga bisa melakukan hal serupa. Minimal bisa menggratiskan atau memberi keringanan biaya bagi warga yang ingin mengirimkan bantuan melalui kargo," ujar Bamsoet dalam keterangan persnya, Rabu (3/10/2018). 

Diapun meminta pihak lain turut membantu untuk menghadapi musibah tersebut. Lebih lanjut, Bamsoet menginformasikan bahwa penanganan musibah gempa dan tsunami sudah ditangani pemerintah secara cepat. Namun, DPR juga terus mendorong kementerian dan lembaga menerjunkan kekuataannya untuk membantu para korban yang terkena musibah.

Presiden Jokowi juga sudah menunjuk Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk memimpin tim penanganan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, dengan koordinasi teknis berada di Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan.

"Dengan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki Wapres Jusuf Kalla, sebagaimana yang sudah ditunjukan beliau saat menangani tsunami di Aceh, Insya Allah musibah ini bisa kita lalui secepat mungkin," ungkap Bamsoet.

Selain itu, katanya, berbagai kementerian dan lembaga seperti Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, BNPB, Basarnas, serta lainnya telah bekerja keras menangani kejadian pascagempa dan tsunami. 

"Doa dan dukungan dari masyarakat terus dibutuhkan untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah," katanya.

Dari koordinasi yang sudah dilakukan, Bamsoet menjelaskan bahwa distribusi bantuan memang menghadapi berbagai tantangan. Dia mengakui medan wilayah sangat berat untuk ditembus dan dilalui. Selain itu, kendaraan bantuan logistik juga kerap dihadang oleh warga yang membutuhkan bantuan.

Sementara, sebanyak 300 ton bantuan logistik sudah terkirim ke Palu melalui Makassar sebagai pintu masuk bantuan ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Bantuan tersebut dikumpulkan di Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper