Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei: Jokowi Lebih Religius Ketimbang Prabowo. Prabowo Lebih Berwibawa dari Jokowi

Citra personal Capres Joko Widodo atau Jokowi dinilai lebih religius dibandingkan dengan Prabowo Subianto. Sebaliknya, Prabowo dinilai lebih unggul di bidang kewibawaan.
Joko Widodo dan Prabowo Subianto/Bisnis
Joko Widodo dan Prabowo Subianto/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Citra personal Capres Joko Widodo atau Jokowi dinilai lebih religius dibandingkan dengan Prabowo Subianto. Sebaliknya, Prabowo dinilai lebih unggul di bidang kewibawaan.

Demikian hasil survei Indonesia Indikator yang dirilis Rabu (26/9/2018).

Menariknya, salah satu indikator yang diteliti dari survei itu adalah aspek religius atau taat beragama di antara kedua capres yang maju pada Pilpres 2019 tersebut. Hasilnya, Jokowi dinilai lebih religius dibandingkan Prabowo.

Temuan itu diperoleh dalam rangkaian survei politik yang digelar terkait elektabilitas pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga. Survei itu dilakukan pada tanggal 1 hingga 6 September 2018.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi, yang memaparkan hasil survei, sebanyak 76% responden mengatakan Jokowi religius atau taat beragama. Sedangkan Prabowo mendapat nilai 58% pada sapek yang sama.

“Jadi Jokowi dianggap lebih religius,” kata Burhanuddin.

Selain aspek religius, ada empat parameter lainnya yang ditanyakan kepada 1.220 responden, yaitu perhatian pada rakyat, jujur, bisa dipercaya dan bersih dari korupsi, tegas dan berwibawa.

Selain itu ditanyakan tentang kemampuan mengatasi permasalahan bangsa dan mampu memimpin Indonesia.

Dari kelima parameter itu, Jokowi unggul dalam empat parameter, kecuali tegas dan berwibawa (76%). Responden menilai Prabowo lebih tegas dan berwibawa dibanding Jokowi dengan raihan suara 81%.

“Citra personal capres Jokowi unggul jauh,” ujarnya.

Dalam survei tersebut, responden dipilih secara random melalui m,etode multistage random sampling. Margin of error sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara terlatih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper