Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembayaran Non Tunai di SPBU Pertamina Dinilai Bisa Pulihkan Ekonomi

Upaya Pertamina untuk menerapkan pembayaran non tunai di SPBU di seluruh Indonesia. dinilai positip. termasuk yang terbaru, ketika BUMN tersebut bersinergi dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Padang .
Pengendara melintas usai mengisi BBM di salah satu SPBU, di Jakarta, Rabu (5/9/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Pengendara melintas usai mengisi BBM di salah satu SPBU, di Jakarta, Rabu (5/9/2018)./JIBI-Nurul Hidayat

Kabar24.com, JAKARTA - Upaya Pertamina untuk menerapkan pembayaran non tunai di SPBU di seluruh Indonesia. dinilai positip. termasuk yang terbaru, ketika BUMN tersebut bersinergi dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Padang . 

Pengamat ekonomi Universitas Batanghari Pantun Bukit mangatakan, pembayaran non tunai bagi pelanggan SPBU yang dilakukan Pertamina sangat baik. Sistem tersebut memiliki kontribusi besar bagi perekonomian dan bahkan bisa memulihkan nilai tukar rupiah .

"Pembayaran non tunai di SPBU akan membantu pemerintah untuk memantau jumlah uang yang beredar secara online. Misalnya, jumlah transaksi per hari, semua bisa dicatat melalui sistem tersebut," ujarnya

Hal ini tentu berbeda jika pembayaran dilakukan tunai, banyak transaksi yang tidak tercatat.

Oleh karena itu,  menurut Pantun, sistem pembayaran non tunai sekaligus bisa menurunkan jumlah para spekulan. Muaranya, tentu saja nilai tukar rupiah yang bisa dikendalikan dengan baik. “Apalagi sistem tersebut diberlakukan di SPBU,  setiap orang pasti membutuhkan BBM. Jadi, kalau sistem pembayaran non tunai dimulai dari SPBU, maka secara perlahan bisa memperbaiki kondisi ekonomi Indonesia,” jelas Pantun. 

Dia mendukung perluasan sistem pembayaran tersebut di SPBU seluruh Indonesia. Jika saat ini masih diterapkan di berbagai SPBU di Jawa dan Sumatra Barat, Pantun berharap ke depan akan semakin banyak SPBU yang membuka Jalur Non Tunai (JNT) bagi pelanggan.  Tidak hanya itu, Pantun juga berharap, ke depan seluruh sektor ekonomi juga akan mengikuti langkah Pertamina dalam menerapkan sistem pembayaran non tunai. Karena dengan mengurangi uang kartal (uang tunai) semaksimal mungkin, lanjut dia, perekonomian nasional menjadi lebih efisien. 

Terkait dengan launching Jalur Non Tunai (JNT) pembelian BBM, dilakukan Pertamina pekan ini di SPBU 14.251.518 Pisang, Kota Padang. Pemberlakukan sistem pembayaran tanpa uag kastersebut bukan yang pertama. Saat mudik 2018, BUMN tersebut sudah membuka layanan pembayaran non tunai di berbagai SPBU di Pulau Jawa.  

Guna mendukung sistem pembayaran non tunai tersebut, selain menggandeng BRI, Pertamina juga bekerja sama deengan penyedia layanan perbankan, seperti Mastercard. Melalui berbagai kerja sama tersebut, Pertamina berharap bahwa target untuk menerapkan sistem pembayaran non tunai tersebut di SPBU di seluruh Indonesia bisa terwujud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper