Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gara-gara Perang Dagang, Jack Ma Tak Dapat Penuhi Janji

Bos Alibaba, Jack Ma, menegaskan tidak dapat memenuhi janji perusahaannya untuk menciptakan 1 juta pekerjaan di Amerika Serikat (AS).
Pendiri Alibaba.com Jack Ma/Reuters
Pendiri Alibaba.com Jack Ma/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bos Alibaba, Jack Ma, menegaskan tidak dapat memenuhi janji perusahaannya untuk menciptakan 1 juta pekerjaan di Amerika Serikat (AS) akibat tensi perdagangan Negeri Paman Sam dengan China.

Dua tahun lalu, Ma memang mengutarakan rencana raksasa e-commerce asal China tersebut untuk menciptakan satu juta pekerjaan di AS  kepada Presiden AS Donald Trump.

Meski belum menjelaskan secara terperinci bagaimana akan menciptakan 1 juta pekerjaan itu, ia pernah mengatakan ingin mendorong usaha-usaha kecil di Amerika untuk berjualan dalam marketplace Alibaba, Tmall dan Taobao.

Namun, sepanjang tahun ini saja hubungan perdagangan antara dua negara besar tersebut memanas dengan retaliasi pengenaan tarif impor dari masing-masing negara.  

Yang terkini, Trump mengumumkan akan memberlakukan tarif 10% terhadap impor China senilai US$200 miliar dan mengancam tarif lebih lanjut pada barang-barang tambahan China senilai US$267 miliar jika China melakukan balasan.

Pemerintah China menjawab langkah Trump itu dengan mengumumkan akan mengenakan tarif terhadap produk-produk asal AS senilai US$60 miliar seperti yang telah direncanakan.

“Komitmen [pekerjaan] ini didasarkan pada kerja sama China-AS yang ramah berikut premis perdagangan bilateral yang rasional dan obyektif,” kata Ma kepada Xinhua, seperti dikutip Reuters.

“Situasi saat ini telah menghancurkan premis awal. Tidak ada cara untuk mewujudkan janji itu,” lanjut konglomerat berusia 54 tahun tersebut.

Investor tampak tidak terpengaruh oleh pernyataan Ma tersebut. Saham Alibaba Group Holding bahkan mampu ditutup melonjak 3,82% pada perdagangan Rabu (19/9), setelah berakhir melemah 1,41% di level 156,65 pada Selasa (18/9).

Ma sebelumnya telah memperingatkan bahwa perang dagang antara AS dan China dapat berlangsung beberapa dekade dan bahwa China harus memfokuskan ekspor pada jalur perdagangan “Jalur Sutra”.

Komentar terbaru Ma menunjukkan dukungannya terhadap sikap pemerintah China tentang bagaimana pengenaan tarif akan memengaruhi bisnis dan inisiatif kebijakan luar negeri One Belt One Road Negeri Tirai Bambu.

Dia menambahkan bahwa tarif AS terhadap produk-produk China senilai miliaran dolar AS dapat mendorong Tiongkok untuk mengekspor ke tujuan lain.

“Kita harus lebih banyak bekerja di Afrika, Asia Tenggara, Eropa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper