Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok, 6 Kepala Daerah di Jabar Dilantik di Gedung Merdeka

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil akan melantik 6 pasang kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2018 di Gedung Merdeka, Bandung, Kamis (20/9/2018).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah)./JIBI/BISNIS/Wisnu Wage
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah)./JIBI/BISNIS/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil akan melantik 6 pasang kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2018 di Gedung Merdeka, Bandung, Kamis (20/9/2018).

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan kepala daerah terpilih hasil Pilbup dan Pilwalkot 2018 yang akan dilantik tersebut adalah bupati dan wakil bupati Bandung Barat, Sumedang, dan Purwakarta, serta wali kota dan wakil wali kota Bandung, Sukabumi, dan Bekasi.

“Kami secara resmi sudah mendapat SK dari Menteri Dalam Negeri untuk pelantikan 6 kepala daerah besok,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Rabu (19/9/2018).

Persiapan sudah dilakukan pihaknya untuk mengawal rangkaian acara yang akan digelar mulai pukul 09.00 besok pagi. Kepala daerah akan diinapkan di dua hotel mulai malam ini, yakni Savoy Homann dan Grand Preanger.

“Khusus untuk wali kota dan wakil wali kota Bandung dari rumah pribadi,” ujarnya.

Keenam pasangan kepala daerah ini nantinya bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar akan berjalan kaki dari Hotel Preanger menuju Gedung Merdeka.  Jalan kaki bersama ini merupakan napak tilas yang sempat dilakukan para kepala negara anggota Konferensi Asia Afrika.

“Sepanjang historical walk, mereka disambut 60 mojang jajaka dan 100 anggota paskibraka di sisi kiri dan kanan Jalan Asia Afrika,” katanya.

Kesenian Jawa Barat

Sesampainya di depan Gedung Merdeka, mereka akan disambut upacara dan kesenian adat Jawa Barat. Selanjutnya, masuk ke dalam Gedung Merdeka untuk melaksanakan pelantikan pada pukul 09.00.  Seusai pelantikan, akan dilangsungkan arak-arakan keliling Kota Bandung. Untuk kegiatan ini, sebanyak 14 delman hias siap mengantar 12 kepala daerah terpilih dan gubernur serta wakil gubernur Jabar. 

Belasan delman hias ini akan diikuti mobil bak terbuka yang mengangkut mojang jajaka serta diikuti tujuh bis Bandros yang mengangkut jajaran muspida dari mulai Ketua DPRD Jabar, Kapolda, Pangdam hingga Sekda.

Dari Gedung Merdeka, arak-arakan akan melalui Jalan Braga, Jalan Viaduct, Jalan Wastukencana, Jalan Martadinata, Jalan Djuanda, Jalan Sulanjana, dan berakhir di Jalan Diponegoro atau Gedung Sate. Iwa memastikan seluruh persiapan termasuk kantong parkir.

"Kami memohon maaf kepada masyarakat Kota Bandung maupun warga yang akan ke Bandung pada saat pelantikan ini. Diperkirakan akan terjadi kemacetan di jalan-jalan yang akan dilalui ini. Mohon maklum," tambah Iwa.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper