Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jack Ma: Perang Dagang China- AS Bisa Berlangsung 20 Tahun

Mantan CEO Alibaba ikut menanggapi gesekan perdagangan yang sedang terjadi antara China dan Amerika Serikat. Menurutnya, perang dagang ini dapat berlangsung selama 20 tahun dan menambah kekacauan dunia.
Jack Ma/ANTARA-Zabur Karuru
Jack Ma/ANTARA-Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan CEO Alibaba ikut menanggapi gesekan perdagangan yang sedang terjadi antara China dan Amerika Serikat. Menurutnya, perang dagang ini dapat berlangsung selama 20 tahun dan menambah kekacauan dunia.

Komentar tersebut disampaikan Jack Ma dalam konferensi hari investor Alibaba. "[Perang dagang] itu akan menjadi kekacauan bagi semua pihak yang terlibat," kata Jack Ma seperti dilansir Reuters, Selasa (18/9/2018).

Washington mengatakan akan memberlakukan pengenaan bea masuk impor tambahan senilai US$200 miliar. Kebijakan ini kemudian ditanggapi China yang akan membalas tindakan AS.

China mengatakan otoritas negara itu tidak memiliki pilihan selain membalas tarif perdagangan AS yang baru. Kondisi ini dinilai meningkatkan risiko kepada Presiden Donald Trump untuk segera mengenakan bea pada hampir semua barang-barang China yang dibeli Amerika.

Pernyataan kementerian perdagangan itu muncul beberapa jam setelah Trump mengatakan dia memaksakan 10% tarif pada impor senilai US$200 miliar dari China, dan mengancam akan menaikan bea masuk lagi sekitar US$267 miliar lebih jika China membalas tindakan AS.

Pernyataan singkat itu tidak memberikan rincian tentang rencana China. Akan tetapi Juru bicara Departemen Luar Negeri Geng Shuang mengatakan langkah-langkah AS telah membawa "ketidakpastian baru" untuk pembicaraan antara kedua negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper