Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jembatan Kaca Tirtonadi Dibuka Sebulan lagi, Yuk Siap-Siap Weekend-an ke Solo

Balai Besar Wilayah Sungai BengawanSolo(BBWSBS) menargetkan proses pembangunan jembatan inspeksi Bendung Tirtonadi bisa rampung pada 24 Oktober 2018.
Jembatan Kaca Tirtonadi, Solo dijadwalkan beroperasi 24 Oktober 2018 sebagai jembatan inspeksi Bendung Tirtonadi yang juga dibuka untuk umum./Jibiphoto
Jembatan Kaca Tirtonadi, Solo dijadwalkan beroperasi 24 Oktober 2018 sebagai jembatan inspeksi Bendung Tirtonadi yang juga dibuka untuk umum./Jibiphoto

Bisnis.com,  SOLO - Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) menargetkan proses pembangunan jembatan inspeksi Bendung Tirtonadi bisa rampung pada 24 Oktober 2018.

Tidak lama setelah itu, jembatan inspeksi yang salah satunya dibangun dengan bahan kaca tersebut bakal mulai dibuka untuk umum.

Konsultan Supervisi Proyek Penanganan Banjir Kota Solo Paket 3 (Kali Pepe Hulu), Mohammad Abdullah, mengatakan jembatan inspeksi Bendung Tirtonadi memang dirancang juga untuk mendukung keperluan wisata sungai di Kota Bengawan.

Menurut dia, BBWSBS berencana membuka jembatan inspeksi untuk umum, tapi tidak secara bebas. Jembatan inspeksi akan dibuka pada hari dan jam tertentu saja.

“Sudah ada rencana jembatan inspeksi akan dibuka untuk umum dengan waktu terbatas. Untuk teknisnya, kami masih perlu membahasnya lagi. Yang jelas, pemanfaatan jembatan inspeksi untuk umum perlu dibatasi karena berkaitan dengan keamanan dan fungsi utamanya sebagai jalur pengecekan Bendung Tirtonadi,” kata Doel, sapaan Abdullah saat diwawancara solopos.com di sekitar Bendung Tirtonadi, Senin (17/9/2018).

Doel memastikan BBWSBS batal membangun jembatan inspeksi Bendung Tirtonadi dengan mayoritas menggunakan material kaca. Jembatan inspeksi penghubung wilayah bantaran Kelurahan Manahan dan Nusukan itu akan dibangun dengan perpaduan material kaca, pelat grid, dan membran.

Material kaca hanya dipakai untuk bagian dinding atau sandaran. Sementara bagian lantai, akan dibangun dengan material pelat grid (besi berlubang) dan atap menggunakan membran. Doel mejelaskan pilihan itu dibuat BBWSBS demi alasan efisiensi anggaran untuk perawatan jembatan inspeksi.

“Enggak jadi total pakai kaca. Pertimbanganya terkait masalah pemeliharaan. Di mana kami memandang penggunaan material pelat grid untuk lantai dan membran untuk atap ini lebih efisien. Tapi kami yakin jembatan inspeksi ini tetap menarik untuk keperluan wisata sungai,” jelas Doel.

Doel mengatakan persentase pekerjaan pembangunan jembatan inspeksi Bendung Tirtonadi kini mencapai 90% lebih. Dia menyebut, semua material yang dibutuhkan untuk membangun jembatan inspeksi telah tersedia. BBWSBS sekarang tinggal merakit material tersebut.

Doel menerangkan pintu selatan jembatan inspeksi berada di dalam gedung Galeri Sungai Papan Kawruh Tirto. Sedangkan pintu utara berada di kompleks house control Bendung Tirtonadi.

Dia membenarkan keberadaan posisi pintu tersebut membuat masyarakat otomatis tidak bisa dengan bebas masuk ke jembatan inspeksi Bendung Tirtonadi.

“Terkait teknis pemanfaatan jembatan inspeksi Bendung Tirtonadi nanti dibahas lagi. BBWSBS bisa saja akan melibatkan Pemkot Solo dan masyarakat sekitar dalam pembahasan tersebut,” jelas Doel.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Penanganan Banjir Kota Solo BBWSBS, Arlendenovega Satria N., tak menampik BBWSBS tengah berupaya mengakomodasi usulan Pemkot untuk membangun infrastruktur penunjang penyediaan wisata air di Kali Pepe.

Lewat proyek Penanganan Banjir Paket 3, BBWSBS kini tengah menata kawasan bantaran Kali Pepe hulu untuk dijadikan public space. BBWSBS juga tengah membangun jembatan kaca di atas Bendung Tirtonadi yang bisa diakses publik. Pembangunan jembatan kaca tersebut bakal disinergikan dengan keberadaan galeri sungai Papan Kawruh Tirto.

“Kami juga akan menyediakan dua dermaga di Kali Pepe hulu wilayah Nusukan dan Manahan yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan wisata air. Dermaga bisa dipakai untuk berlabuh kapal yang dioperasikan di aliran Kali Pepe,” terang Arlendenovega Satria N.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Sumber : Solo Pos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper