Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah di Balik Pertemuan ‘Ngopi Bareng’ Ridwan Kamil-Sandiaga Uno

Sempat berpolemik di media, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan bakal Cawapres Sandiaga Uno akhirnya bertemu di Jakarta, Jumat (14/9/2018) semalam.

Bisnis.com,BANDUNG—Sempat berpolemik di media, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan bakal Cawapres Sandiaga Uno akhirnya bertemu di Jakarta, Jumat (14/9/2018) semalam.

Pertemuan keduanya diketahui dari postingan di masing-masing akun instagram kedua tokoh. Keduanya terlihat bertemu empat mata sembari ngopi.

Pertemuan ini terbilang mendadak dan diputuskan cepat. Jumat pagi, sebelumnya Ridwan Kamil masih ditanya wartawan perihal permintaan maaf Sandiaga. Di kesempatan itu Emil menunggu kehadiran Sandi di Bandung alih-alih mereka tidak memiliki persoalan pribadi. “Saya dan Pak Sandi itu bersabahat sejak lama,” ujarnya.

Lalu kenapa mereka akhirnya bertemu? Selepas dari kantor MUI, secara spontan Emil dan stafnya bertandang ke Museum Gedung Sate sekitar pukul 10.30. Maklum sejak dilantik, dirinya belum sempat melihat-lihat ruangan dan fasilitas yang ada di kantor pusat pemerintahan Jawa Barat itu.

Saat melihat satu per satu ruangan museum, ajudan tiba-tiba memberikan telepon genggam pada Emil. Bisnis yang kebetulan berada di sana, menyaksikan dan mendapat kepastian bahwa penelpon adalah Sandiaga Uno.

“Halo, sahabatku..” kata Emil. Pembicaraan keduanya sepertinya membahas seputar pemberitaan mereka yang menjadi polemik. “Biasalah itu rekan-rekan wartawan salah menafsirkan,” ujar Emil pada Sandi.

“Kapan kita ketemu Kang? Nanti malam saya ke Jakarta kebetulan ada penghargaan,” ujar Emil memanggil Sandi dengan sapaan Sunda “Akang” sambil berdiri di sudut museum.

Tampaknya kesepakatan bertemu pun terjadi. Pertemuan ini akhirnya membuat sejumlah agenda terpaksa dirancang ulang, pukul 16.00 sore itu Emil harusnya menandatangani kesepakatan KUPPAS APBD Perubahan 2018 di DPRD Jabar. Agenda sepenting ini akhirnya harus diundur.

Agenda pemberian penghargaan Indonesia Actractive Award 2018 sendiri sebenarnya dijadwalkan dihadiri Wagub Uu Ruzhanul Ulum. Sejak Jumat siang Wagub bahkan sudah ada di Jakarta. Pada akhirnya semalam Emil yang menghadiri usai bertemu Sandi.

Usai keluar dari museum, Emil kepada Bisnis mengiyakan penelpon adalah Sandiaga Uno. “Iya, nanti malam bertemu Inshaallah kalau jadi,” ujarnya

Pertemuan tersebut menurutnya dilakukan karena tidak ada masalah pribadi dirinya dengan Sandi. “Seorang Ridwan Kamil adalah orang yang taat aturan, kalau ada wacana yang tidak melanggar aturan saya akan meluruskan. Kalau ada hal yang dianggap melanggar, saya juga akan ikut meluruskan,” paparnya.

Dan akhirnya kedua sahabat ini pun bertemu semalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper