Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Salju Menghilang di Swiss, Diduga Akibat Pemanasan Global

Salju menghilang di Swiss dan itu mungkin berkaitan dengan pemanasan global.
Salju seliuti Gurun Sahara/Dailymail
Salju seliuti Gurun Sahara/Dailymail

Bisnis.com, JENEW, Swiss - Salju menghilang di Swiss dan itu mungkin berkaitan dengan pemanasan global, kata University of Geneva pada Rabu (12/9/2018) di dalam studi yang menggunakan alat baru, Swiss Data Cube.

Studi tersebut mendapati bahwa antara 1995 dan 2005, daerah dengan sedikit atau tanpa salju itu antara 0% dan 20%, dan kemungkinan telah mencakup 36% wilayah, dan itu meluas menjadi 44% antara tahun 2005 dan 2017.

Itu adalah peningkatan 5.200 kilometer persegi, yang dikatakan laporan tersebut jauh di luar margin kekeliruan. "Pengamatan yang tak bisa dibantah" itu disusun oleh para peneliti dari University of Geneva, Swiss, dan Program Lingkungan Hidup PBB (UNEP), GRID-Geneva.

Studi tersebut dilandasi analisis awal atas data satelit selama 22 tahun, yang mencakup seluruh wilayah Swiss.

"Secara umum, kita juga dapat mengamati bahwa kondisi salju yang lambat yang berlangsung di dataran tinggi secara berangsung mendapat pijakan di Jura dan di Alpen, bukti nyata fenomena di Rhone Valley," kata Gregory Giuliani, peneliti di Lembaga UNIGE bagi Ilmu Lingkungan Hidup (ISE) dan di GRID-Geneva.

Studi itu menggunakan alat baru, Swiss Data Cube, yang digagas atas nama Kantor bagi Lingkungan Hidup Federal (FOEN), sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis.

"Swiss adalah negara kedua di dunia, setelah Australia, yang telah mengembangkan "data cube", dan kami adalah yang pertama memproduksi peta terperinci semacam itu pada skala negara," kata Giuliani.

Data yang diserap dari Swiss Data Cube mengungkapkan bahwa salju secara bertahap menghilang dari dataran tinggi dan juga menjadi makin langka di tempat yang lebih tinggi.

Zona "salju abadi", tempat kemungkinan salju turun beragam antara 80% dan 10%, yang masih tertutup 27% wilayah Swiss pada dasawarsa 1995-2005.

Sepuluh tahun kemudian, wilayah tersebut telah turun jadi 23%, hilangnya 2.100 kilometer persegi atau setara dengan tujuh kali ukuran daerah kantung Jenewa.

Berkat kerja sama ilmiah antara UNIGE dan University of Zurich, dalam kemitraan strategis antara kedua universitas pada penghujung 2017, data baru akan segera ditambahkan pada bank data yang ada, kata pernyataan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper