Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DUBES MEKSIKO: “Diplomasi Ekonomi Adalah Kunci”

Bisnis.com, JAKARTA – Hubungan bilateral Indonesia dan Meksiko terjalin kian erat yang ditandai dengan berbagai kesepakatan dan kerja sama pada berbagai bidang. Untuk membahas strategi peningkatan kerja sama, Bisnis mewawancarai Yusra Khan, Duta Besar RI untuk Meksiko, merangkap Belize, El Salvador, dan Guatemala. Berikut petikannya:
Suasana bongkar muat peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (29/9)./JIBI-Abdullah Azzam
Suasana bongkar muat peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (29/9)./JIBI-Abdullah Azzam

2. Mengoptimalkan Sektor Perdagangan

Bagaimana strategi Anda meningkatkan perdagangan RI-Meksiko?

Dalam konteks kerja sama bilateral, Indonesia dan Meksiko berkomitmen meningkatkan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang investasi dan perdagangan. Pada kunjungan kenegaraan Presiden Meksiko ke Indonesia, pada 6 Oktober 2013, telah terlaksana sebuah pertemuan bilateral dengan Presiden RI.  

Pada kesempatan tersebut, masing-masing kepala negara sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral ke tingkat yang lebih istimewa. Selain itu, keduanya siap mengimplementasikan kerja sama yang telah ada dalam kerangka comprehensive partnership, terutama di bidang investasi dan perdagangan. 

Indonesia dan Meksiko juga merupakan sesama anggota MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia) yang berkomitmen meningkatkan kerja sama di berbagai bidang. 

Oleh sebab itu, diperlukan adanya penyelenggaraan suatu kegiatan dalam bentuk Indonesia Investment and Trade Day (IITD) di Mexico City. Ini sebagai sarana promosi investasi dan perdagangan kita kepada perusahaan-perusahaan di Meksiko. 

Apa saja hasil konkret yang telah dikerjakan IITD?

Dalam rangka mendorong kerjasama perdagangan, KBRI Mexico City bersama Indonesia Trade and Promotion Center (ITPC) Mexico City telah menyelenggarakan beberapa kegiatan IITD sejak 2015. 

Pada 2018, IITD berlangsung pada 17 Juli 2018 dengan mengundang 95 pengusaha Meksiko yang bergerak di bidang otomotif, termasuk suku cadangnya, produk pulp and paper serta minyak kelapa sawit termasukuntuk pembuatan biodiesel.

Bagaimana strategi Anda untuk mempromosikan produk Indonesia?

Di samping menyelenggarakan IITD setiap tahunnya, KBRI Mexico City juga aktif berpartisipasi dalam melakukan pertemuan, diskusi dan seminar dengan kalangan asosiasi pengusaha setempat seperti COMCE (asosiasi pengusaha Meksiko yang mempromosikan perdagangan luar negeri, investasi asing dan pengembangan teknologi) dan ProMexico (Badan Promosi Perdagangan Luar Negeri dan Investasi Asing Meksiko).

Kami juga mengadakan pertemuan dengan kalangan pemerintah daerah negara bagian, menghadiri loka karya yang diadakan di universitas-universitas. Ini untuk memberikan gambaran tentang peluang dagang dengan Indonesia dan potensi produk yang dimiliki Indonesia. 

Apakah antisipasi tentang munculnya potensi risiko perdagangan juga dibahas?

KBRI juga berupaya mengatasi dan menyelesaikan masalah-masalah perdagangan guna menumbuhkembangkan citra positif bagi pengusaha Indonesia sehingga hubungan yang telah dibangun tetap terpelihara dengan baik.

Adapun, strategi lainnya yaitu melakukan pendekatan baru dengan mendorong sektor-sektor potensial seperti otomotif dan sparepart serta melakukan pendekatan dengan dunia usaha di Meksiko secara informal melalui keanggotaan di berbagai klub pengusaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bisnis Indonesia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper