Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rupiah Melemah Panik, Ngapain? Ketua MPR Pun Beri Pesan

Rupiah melemah salah pemerintah? Masyarakat jangan saling menyalahkan atau bahkan mencari kambing hitam atas jatuhnya nilai mata uang rupiah terhadap dolar AS.
Gambar mata uang dolar Amerika Serikat/REUTERS-Thomas Mukoya
Gambar mata uang dolar Amerika Serikat/REUTERS-Thomas Mukoya

Bisnis.com, JAKARTA -  Rupiah melemah salah pemerintah? Masyarakat jangan  saling menyalahkan atau bahkan mencari kambing hitam atas jatuhnya nilai mata uang rupiah terhadap dolar AS.

"Jangan panik. Jangan saling menyalahkan,"  kata Ketua MPR RI Zulkifli Hasan  dalam siaran persnya di  Jakarta, Kamis (6/9/2018).

"Naiknya dolar, bisa menyebabkan kesulitan buat kita semua, karena itu kita harus bersatu. Siapa yang punya dolar, jualah untuk membantu meredakan tekanan terhadap rupiah," kata Zulkifli Hasan. Zulkifli Hasan menyampaikam hal itu saat menjawab pertanyaan wartawan usai melaksanakan diskusi Empat Pilar dihadapan anggota Majelis Taklim Nuzulul Khikmah, Pekon Tanjung Kemala, Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus Lampung. Acara tersebut berlangsung di Pekon Tanjung Kemala, Rabu (5/9) malam.

Lebih lanjut Zulkifli meminta semua tetap tenang. Naiknya nilai tukar dolar AS, itu harus menjadi momentum panggilan bela negara, sekaligus untuk mempererat persatuan.

Rupiah Melemah Panik, Ngapain? Ketua MPR Pun Beri Pesan

Sumber: Bank Indonesia

"Imbas kenaikan dolar, akan mudah dihadapi kalau seluruh komponen bangsa bersatu," ucap Zulkifli Hasan. Menurut Zulkifli, saat ini pemerintah sedang berjuang untuk mengurangi tekanan rupiah terhadap dolar.  Berbagai program sudah dilakukan, agar penurunan nilai rupiah bisa dikendalikan.

BACA: GEJOLAK RUPIAH : Konsumen Indonesia Masih Optimistis

Upaya yang sudah dilakukan pemerintah, antara lain, menghentikan impor barang mewah, dan menunda pembangunan infrastruktur yang memiliki kandungan barang impor sangat besar.

BACA: Rupiah Terganggu, Investor Asing Tetap Percaya Indonesia

"Kita berharap ada peningkatan nilai ekspor sehingga mampu mendatangkan devisa. Selain itu para eksportir juga diminta memulangkan devisanya, inilah sikap-sikap yang bisa dilakukan sebagai bagian belakang negara," tutur Zulkifli Hasan.

Zulkifli percaya, kalau semua anggota masyarakat bersatu memenuhi panggilan bela negara untuk memperbaiki nilai rupiah, krisis yang menimpa bangsa Indonesia saat ini akan segera teratasi. Sebaliknya, jika situasi ini malah dimanfaatkan oleh beberapa oknum bangsa Indonesia, maka kejatuhan nilai rupiah itu akan menimbulkan kesusahan bagi seluruh bangsa Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper