Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilpres 2019 : Ini Hasil Survei Terbaru Jokowi vs Prabowo

Hasil survei Y-Publica menunjukkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih unggul di kalangan pemilih ormas Islam di luar Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan kalangan simpatisan Front Pembela Islam (FPI).
Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019/Bisnis
Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019/Bisnis
Bisnis.com, JAKARTA--Hasil survei Y-Publica menunjukkan pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul signifikan di kalangan pemilih ormas Islam di luar Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan kalangan simpatisan Front Pembela Islam (FPI).
Survei yang dilakukan dari 13-23 Agustus 2018 dengan 1200 responden itu menunjukkan elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf mencapai 52,7%. Sedangkan Prabowo-Sandi 27,9%, dan sisanya sebesar 19,4% belum memutuskan pilihan.
Secara signifikan hasil survei Y-Publica juga menunjukkan pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul di kalangan pemilih pengikut Nahdlatul Ulama (NU). Sedangkan pasangan Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul di pemilih dari kalangan Muhmmadiyah dan Front Pembela Islam (FPI).
"Di segmen pemilih yang merasa lebih dekat secara religi dan kultural dengan NU, pasangan Jokowi-Maruf memperoleh elektabilitas 59%, sedangkan Prabowo-Sandi 23,3%. Sisanya sebesar 17,7% belum memutuskan," kata Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono dalam konferensi pers, Senin (3/8).
Dia menjelaskan keunggulan pasangan Jokowi-Maruf di basis pemilih NU, tidak lepas dari posisi Maruf sebagai kader NU. Belum lagi jauh sebelum deklarasi capres-cawapres, Jokowi sudah rajin mengunjungi tokoh-tokoh NU dan ikut berbagai kegiatannya sehingga berdampak pada elektabilitasnya di kalangan NU.
Sedangkan di kalangan pemilih Muhammadiyah, pasangan Prabowo-Sandiaga unggul tipis dibandingkan Jokowi-Maruf.
"Di kalangan Muhammadiyah, eletabilitas Prabowo-Sandiaga mendapatkan 42,7%, sedangkan Jokowi-Maruf sebesar 39,9% dan 17,4% belum memutuskan pilihan," ujarnya.
Namun menurut Rudi, pasangan Prabowo-Sandi unggul telak di kalangan pemilih dari FPI yaitu mendapatkan angka keterpilihan 67,5%, sedangkan Jokowi-Maruf hanya memperoleh 21,3%, dan 11,2% pemilih belum memutuskan pilihannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper