Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jusuf Kalla: Anggota DPR Jangan Hanya Datang, Duduk, Diam, Duit, dan Ditangkap

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK memberikan pengarahan dalam acara pembekalan calon anggota legislatif Partai NasDem di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Senin (3/9/2018).
Usai Jack Ma dan Sun Yang tampil, Wakil Presiden Jusuf Kalla mematikan api obor api yang menyala di cauldron keris  di jalur pedestrian Pintu 6 Gelora Bung Karno/Bisnis - Hery Trianto
Usai Jack Ma dan Sun Yang tampil, Wakil Presiden Jusuf Kalla mematikan api obor api yang menyala di cauldron keris di jalur pedestrian Pintu 6 Gelora Bung Karno/Bisnis - Hery Trianto

Bisnis.com. JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK memberikan pengarahan dalam acara pembekalan calon anggota legislatif Partai NasDem di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Senin (3/9/2018).

JK berpesan agar para calon anggota legislatif atau caleg yang terpilih nantinya tidak 4D saat bertugas di Dewan Perwakilan Rakyat.

"Jangan hanya datang, duduk, diam, kemudian mendapat duit," katanya.

Yang lebih bahaya lagi, kata JK, kalau menjadi 5D, yaitu datang, duduk, diam, duit, ditangkap. Karena itu, JK meminta para caleg yang terpilih menjadi wakil rakyat harus memiliki modal di DPR, yaitu kepintaran untuk berbicara, berdebat, dan berdiskusi.

Untuk memiliki modal itu, JK menyarankan, mereka harus terus belajar dan banyak membaca buku.

"Ikut diskusi supaya terhindar dari 4D. Datang duduk diam duit. Bisa-bisa 5D, ditangkap," ujarnya.

Selain itu, kata JK, para caleg juga harus mempunyai modal, yaitu mengetahui sistem nasional, mengetahui keadaan, dan melihat program ke depan. Modal penting lainnya, JK menyebutkan adalah sabar mendengar.

Menurut JK,  anggota DPR harus punya modal sabar karena akan sering mendengarkan anggota DPR lainnya berbicara sepanjang hari.

"Kalau enggak sabar nunggu mendengar orang, Anda juga tidak didengar," ucap JK.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper